Soal Impor Beras, Buwas: Presiden Ajak Benci Produk Asing - Konten Islam -->

Soal Impor Beras, Buwas: Presiden Ajak Benci Produk Asing

Direktur Utama Bulog Budi Waseso. 

KONTENISLAM.COM - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mengaku optimistis produksi beras dalam negeri mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Ia pun menyinggung kembali pernyataan Presiden Joko Widodo terkait ajakan untuk membenci produk asing dan mencintai produk dalam negeri.

"Jangan seolah-olah beras kurang kita takut. Pernyataan presiden saya pegang benci produk asing, utamakan produksi dalam negeri. Ini belum apa-apa kok sudah menyatakan impor, apalagi beras yang mendasar," kata Buwas, sapaan akrabnya, dalam sebuah webinar, Kamis (25/3).

Sebagaimana diketahui, rencana impor beras sebanyak 1 juta ton diketahui pertama dari paparan kebijakan pemerintah di sektor pangan tahun ini oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. Rencana tersebut kemudian terkonfirmasi oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi sebagai kementerian teknis.

 Menurut Budi, seharusnya pemerintah tidak terburu-buru dalam menyatakan keinginan untuk impor beras. Ia memahami petani yang menjadi pelaku utama dalam kegiatan produksi beras akan menjadi resah karena harga jual petani menjadi jatuh.

"Selama kita produksi, sebagai negara agragris (sebaiknya) jangan impor. Ini soal harga diri," katanya.

Ia tak menampik soal potensi krisis pangan dunia yang dipicu oleh pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Namun pihaknya optimistis kemampuan produksi beras dalam negeri cukup kuat karena petani terus melakukan produksi tanpa henti.

"Kita harus menciptakan swasembada pangan dan memiliki ketahanan pangan. Ini pasti bisa terwujud dan harus ada kesatuan pendapat dan pemikiran dalam masalah pangan ini," ujarnya.[republika]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close