3 Insiden Peluru Nyasar di Jakarta: Lubangi Kaca Gedung-Lukai Bumil - Konten Islam -->

3 Insiden Peluru Nyasar di Jakarta: Lubangi Kaca Gedung-Lukai Bumil

Peluru nyasar ke sebuah gedung di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan. Insiden peluru nyasar ini mengakibatkan kaca gedung berlubang (Dok istimewa) 

KONTENISLAM.COM - Insiden peluru nyasar terjadi di beberapa lokasi di Jakarta. Selama Maret-April 2021, insiden peluru nyasar terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Timur, hingga Jakarta Selatan.

Dari ketiga peristiwa peluru nyasar tersebut, salah satunya menimbulkan korban luka. Sedangkan dua kejadian lainnya menimbulkan kerusakan pada bagian bangunan yang terkena peluru nyasar.

Hingga kini belum diketahui asal dari tiga peluru nyasar yang meneror warga Jakarta. Ketiga kejadian peluru nyasar ini masih diselidiki polisi.

Berikut 3 insiden peluru nyasar di Jakarta yang dirangkum detikcom:

Peluru Nyasar Lukai Wanita Hamil di Ciracas

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (24/3). Saat itu petugas juru pemantau jentik (jumantik) di Ciracas, Jakarta Timur, mengalami luka secara tiba-tiba di kakinya saat hendak bertugas mengontrol ke rumah-rumah.

Sebuah proyektil ditemukan di paha korban. Polisi belum bisa memastikan apakah korban terkena peluru nyasar atau bukan.

"Saya belum bisa katakan peluru nyasar atau apa, karena awalnya kita menemukan orang kondisinya terluka," kata Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono ketika dimintai konfirmasi, Jumat (26/3).

Jupriono menjelaskan kejadian itu bermula ketika petugas jumantik tersebut bersama dua rekannya hendak mengontrol ke rumah-rumah. Belum sampai gerbang rumah, petugas jumantik itu tiba-tiba bercucuran darah di kakinya.

Kedua temannya awalnya mengira petugas itu keguguran karena tengah hamil muda. Namun, ketika dibawa ke rumah sakit, ternyata ada benda di dalam luka itu.

"Kronologinya Ibu Anah ini petugas jumantik sedang keliling untuk kontrol jumantik bertiga, menuju ke arah rumah klaster ada empat rumah. Ada pagarnya, kanan kiri tembok tinggi, posisi Ibu Anah di depan sementara temannya di belakang. Belum sampai ke rumah-rumah, tahu-tahu ada darah di kakinya," ujar Jupriono.

Anah sempat dikira keguguran. Namun, setelah dibawa ke rumah sakit, ditemukan benda mirip proyektil dari pahanya.

Peluru Nyasar ke Rumah Warga di Jakbar

Dua pekan berselang, peluru nyasar juga terjadi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Peristiwa itu terjadi pada Senin (12/4) pukul 05.30 WIB.

Peluru nyasar mengenai rumah kontrakan yang berlokasi di RT 09 RW 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat itu, pemilik kontrakan sedang tertidur. Pemilik rumah terbangun setelah mendengar bunyi ledakan di rumahnya.

"Pemilik kontrakan lagi tidur jam 05.30 WIB," kata Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung saat dimintai konfirmasi, Senin (12/4).

Polisi telah mengecek ke lokasi kejadian. Dari hasil olah TKP, polisi menemukan sebuah proyektil.

Barang bukti tersebut telah diamankan polisi. Sementara itu, kasusnya masih diselidiki.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Proyektil peluru nyasar mengenai plafon rumah warga.

Selanjutnya, peluru nyasar di gedung di TB Simatupang
 
Kaca Gedung Berlubang Akibat Peluru Nyasar

Tiga hari berselang, tepatnya Kamis (15/4), benda yang diduga peluru nyasar mengenai gedung Sovereign Plaza lantai 8 di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan. Kaca gedung tersebut berlubang imbas peristiwa tersebut.

Peluru nyasar itu diketahui pertama kali oleh office boy (OB) saat membersihkan ruangan. OB melihat pecahan kaca di ruangan itu serta kaca jendela yang berlubang.

Awalnya, ada dugaan peluru nyasar itu berasal dari Lapangan Tembak Marinir yang berada di dekat lokasi. Namun ada sejumlah bukti petunjuk yang membuat kemungkinan itu kecil terbukti.

Kapolsek Cilandak Kompol Iskandarsyah mengatakan kaca berlubang akibat peluru nyasar itu baru diketahui salah satu pegawai pada Kamis (15/4) sekitar pukul 07.00 WIB. Sementara itu, kegiatan menembak di Lapangan Tembak Marinir baru terjadi pada pukul 09.00 WIB.

"Kalau paginya belum ada latihan tembak, paginya ya. Karena latihan tembak itu mulai pukul 09.00 WIB kita tanya," kata Iskandarsyah saat dihubungi, Jumat (16/4).

Dari posisi asal dugaan peluru nyasar itu berasal dan posisi Lapangan Tembak Marinir berada, Iskandarsyah mengaku keduanya tidak memiliki keterkaitan.

Dia menyebut posisi Lapangan Tembak Marinir berada di sisi timur atau samping gedung Sovereign Plaza. Sementara arah asal peluru nyasar diduga berasal dari depan gedung.

"(Arah peluru nyasar) dari depan," ujarnya.

Meski begitu, Iskandarsyah menyebut pihaknya masih menunggu hasil pengecekan dari pihak Labfor Polri.[detik]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close