Akankah Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet Hari Ini?

Akankah Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet Hari Ini? 

KONTENISLAM.COM - Isu reshuffle kabinet semakin menguat. Akankah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pergantian para pembantunya hari ini?

Kabar reshuffle menguat setelah DPR menyetujui penggabungan Kemenristek dengan Kemendikbud serta pembentukan Kementerian Investasi. Tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin sempat membocorkan kalau reshuffle bakal diumumkan pekan ini.

"Insyaallah kalau tidak ada aral melintang pekan-pekan ini. Karena kan Pak Jokowi itu kalau sudah ada satu keputusan kan tanggal 30 Maret kemarin kan surat dikirim ke DPR yang isinya itu rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud, karena banyak tugas fungsi dan perannya Menristek itu dikerjakan BRIN. Jadi Kemendikbud dan Ristek serta pembentukan Kementerian Investasi," kata Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Selasa (13/4/2021).

Namun ucapan Ngabalin ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak lain dari lingkar orang dekat Jokowi lainnya. Apakah pernyataan Ngabalin itu benar atau hanya sebatas wacana masih perlu ditunggu pembuktiannya. Apalagi, hari Jumat (16/4/2021) merupakan hari kerja terakhir pada pekan ini.

"Dari kebiasaan yang Bang Ali ikuti itu tidak lama. Presiden sangat independen, tidak ragu mengambil keputusan. Biasanya cepat. Bang Ali yakin dalam pekan ini beliau akan mengambil keputusan-keputusan penting itu," jelas Ngabalin.

Selain itu, tanda-tanda reshuffle kabinet juga makin menguat setelah PKB menyebut anggota kabinet yang bakal diganti. Menurut PKB, anggota kabinet yang bakal diganti berinisial M.

"Presiden Jokowi akan me-reshuffle anggota kabinet yang dengan inisial huruf M," kata elite PKB, Luqman Hakim, kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

Sebagai informasi, ada beberapa anggota kabinet yang namanya diawali dengan huruf M. Di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, hingga Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Dari nama-nama berawalan M itu, nama Moeldoko menjadi yang paling banyak dibicarakan. Hal itu terkait tingkah Moeldoko yang mengusik Partai Demokrat. Moeldoko sendiri gagal menjadi Ketua Umum Partai Demokrat setelah hasil KLB ditolak oleh Kemenkumham.

Nama lainnya adalah Muhadjir Effendi. Muhadjir diisukan bakal diganti usai berembus isu PAN bakal kembali ke koalisi Jokowi.

"Di luar itu, jika pun ada isu reshuffle sangat terkait dengan santernya PAN yang bakal bergabung dengan koalisi Jokowi. Nama Kementerian PMK dan Kementerian Perhubungan kerap dikaitkan jika PAN jadi bergabung," sebut Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno kepada wartawan, Kamis (15/4).

Meski demikian, masih ada dua hari lagi dalam pekan ini, yakni Sabtu dan Minggu. Lantas, kapan reshuffle akan diumumkan? Hanya Jokowi yang tahu.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close