Haters Kepanasan lalu Main Fitnah..!! Anies Bangun Kembali Kampung Kwitang Yang Terbakar - Konten Islam -->

Haters Kepanasan lalu Main Fitnah..!! Anies Bangun Kembali Kampung Kwitang Yang Terbakar

Lunasi Janji, Anies Bangun Kembali Kampung Kwitang Yang Terbakar

Tanggal 13 Maret 2021, puluhan rumah di jalan Kembang V Kwitang Jakarta Pusat ludes terbakar. Anies berjanji membangun kembali. Tak sampai 3 minggu kemudian, tanggal 2 April 2021, Anies Baswedan meletakkan batu pertama pembangunan kembali rumah-rumah warga yang terbakar. Sekaligus melakukan revitalisasi lingkungan kampung agar lebih sehat dan lebih nyaman. Regenerasi Kampung namanya.

Revitalisasi Kampung Kwitang ini bisa cepat dilakukan karena Anies Baswedan menggunakan pendekatan kolaborasi, gotong royong. Ada unsur pemerintah, Baznas Bazis DKI Jakarta, dan swasta PT Intiland. 

Begitu mendengar kolaborasi dengan pihak swasta, ada saja yang langsung curiga. "Bahasanya pakai kolaborasi padahal kasih proyek ke pengembang properti", kata akun @Bonnie_GB3. "Bawa-bawa lembaga zakat, masih main politik identitas? jual ayat dan mayat," lanjutnya.   

Ada ya orang-orang yang memilih menutup diri dengan benteng pikiran negatif seperti itu. Padahal apa yang dikatakannya itu keliru.

Yang namanya kolaborasi itu ya gotong royong, masing-masing menyumbang. Kalau ngasih proyek namanya bukan kolaborasi, tapi hubungan bisnis. Revitalisasi ini benar-benar gotong royong, BAZNAS Bazis DKI Jakarta membangun rumah warga, Pemprov DKI membangun infrastruktur (selokan, jalan, taman, dll), ada PAM Jaya yang membuat sambungan air bersih, dan PT Intiland memberi sumbangan keramik.
Lumayan banyak yang harus dibangun kembali, 34 bangunan. Sejumlah 33 bangunan rumah pribadi yang ada diantaranya bertingkat 2 dan 3, serta 1 bangunan gedung Yayasan Pusaka yang selama ini memberi layanan makan gratis untuk lansia dan memberi tumpangan gratis bagi lansia jika tak ada yang merawat.  

Bagi Anies revitalisasi kampung Kwitang ini sekaligus menjadi pintu masuk implementasi gagasannya tentang penataan kampung kumuh Jakarta/ Regenerasi Kampung. Yang semula kumuh ditata jadi lebih sehat, nyaman, aman. Jalan gang masuk diperlebar, air bersih disalurkan, rumah warga didisain agar sehat aman nyaman.

Kerja kolaborasi ini kerja cerdas. Bukan sekedar kerja keras. Apalagi sekedar kerja kerja kerja. Melalui program revitalisasi Kampung Kwitang ini Anies dapat mencapai 3 tujuan sekaligus: 

1) Program revitalisasi kampung kumuh terlaksana; 

2) Dana APBD dapat dibelanjakan secara efektif karena ada dukungan pihak lain; 

3) Tujuan Anies menjadikan warga Jakarta berdaya, melalui gerakan warga sebagai basis dari pembangunan kota, berhasil dijalankan.

Alhamdulillah. Semoga Jakarta, bahagia warganya.

By Tatak Ujiyati
(fb)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close