Jokowi: Pemimpin ASEAN Capai 5 Konsensus untuk Bantu Selesaikan Krisis Myanmar - Konten Islam -->

Jokowi: Pemimpin ASEAN Capai 5 Konsensus untuk Bantu Selesaikan Krisis Myanmar

Jokowi: Pemimpin ASEAN Capai 5 Konsensus untuk Bantu Selesaikan Krisis Myanmar 

KONTENISLAM.COM - Presiden Jokowi memastikan Pertemuan Pemimpin ASEAN (ALM) pada Sabtu (24/4/2021) menghasilkan konsensus. ALM ini digelar khusus membahas krisis Myanmar.

"Dapat dikatakan pemimpin ASEAN telah mencapai konsensus. Sekjen ASEAN telah menyatakan 5 butir konsensus yang nanti akan disampaikan oleh ketua atau Sekjen ASEAN," kata Jokowi dalam keterangan pers virtual.

Rencananya penyampaian konsensus akan dilakukan pada hari ini juga. Namun, belum diungkap waktu pasti hal itu diumumkan.

Pelaksanaan ALM sendiri dihadiri enam pemimpin, tiga Menlu, dan otak kudeta Myanmar. Pertemuan sehari ini dihelat seiring memburuknya situasi di  Myanmar.

Usai kudeta pada 1 Februari 2021, Myanmar jatuh ke jurang krisis. Demo damai yang dilakukan hampir tiap hari selalu berujung rusuh.

Aparat keamanan Myanmar bahkan menggunakan kekerasan demi membubarkan demo. Akibatnya, 700 lebih warga sipil kehilangan nyawa.

Tindakan Myanmar mendapat kecaman luas dunia. Negara barat seperti Amerika Serikat hingga Inggris bahkan menjatuhkan sanksi pada pemimpin militer yang bertanggung jawab atas kericuhan berdarah tersebut. [kumparan]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close