Luhut: OTT KPK Tak Membuat Orang Kapok Korupsi, Pencegahan Lebih Penting - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Luhut: OTT KPK Tak Membuat Orang Kapok Korupsi, Pencegahan Lebih Penting

Luhut: OTT KPK Tak Membuat Orang Kapok Korupsi, Pencegahan Lebih Penting 

KONTENISLAM.COM - Penindakan KPK melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) kerap menjadi tolak ukur pemberantasan korupsi, yang diharapkan bisa menimbulkan efek jera.

Namun, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, tak sependapat dengan pandangan tersebut. Ia menilai OTT tak efektif menekan angka korupsi, terlebih menciptakan efek jera.

"OTT itu kita lihat tidak juga membuat orang jera dan kalau kita lihat juga, maaf kalau saya bicara agar terbuka, OTT juga menurut saya buahnya tidak seperti yang kita harapkan, orang jadi kapok, tidak juga," ujar Luhut di acara peluncuran Stranas PK 2021-2022 secara virtual, Selasa (13/4).

Ia pun mengapresiasi pimpinan KPK di era Firli Bahuri dkk yang tak melulu mendahulukan OTT. Luhut mengatakan keseimbangan pencegahan dan penindakan di KPK sebagai racikan paling pas untuk menekan kasus korupsi.

Luhut bahkan menilai capaian upaya pencegahan saat ini merupakan yang terbaik selama ia berada dalam kabinet 7 tahun terakhir.

"Pengalaman saya sekarang hampir 7 tahun di kabinet ini, saya lihat memang pencegahan ini baru akhir-akhir ini semakin baik. dan itu menurut saya hal yang sangat penting, tidak sekadar OTT," ucap Luhut.

Luhut meminta KPK tetap meneruskan upaya pencegahan ketimbang penindakan lantaran efektif menekan angka korupsi.

"Karena pencegahan itu menurut saya lebih penting. Kita jangan biarkan orang terjerumus kalau masih bisa kita ingatkan," tutupnya. [kumparan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close