Sosok Munarman di Mata Tetangga: Kerap Hadiri Perayaan HUT RI dan Suka Berikan Saran Hukum - Konten Islam -->

Sosok Munarman di Mata Tetangga: Kerap Hadiri Perayaan HUT RI dan Suka Berikan Saran Hukum

Sosok Munarman di Mata Tetangga: Kerap Hadiri Perayaan HUT RI dan Suka Berikan Saran Hukum 

KONTENISLAM.COM - Mantan petinggi Front Pembela Islam, Munarman, dibawa personel Detasemen Khusus 88 Antiteror Markas Besar Polri pada Selasa (27/4/2021) sore dari rumahnya di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Petugas satuan pengamanan perumahan sempat dilarang polisi berbicara kepada warga saat proses penangkapan.

Kediaman Munarman beralamat di Perumahan Modern Hill Cluster Bukit Modern, Blok G5 Nomor 8, Pamulang. Salah seorang warga Modern Hill, Anto (44), menceritakan, ia sekitar pukul 15.15 hendak pergi shalat Ashar di masjid. Saat melintas dekat pos satpam perumahan, ia melihat ada kendaraan Brigade Mobil (Brimob) Polri terparkir di sana.

Para personel Brimob terpantau bersenjata lengkap dan tengah bersiap-siap. ”Saya nanya kepada security itu, mereka enggak berani ngomong. Pak, enggak boleh ngomong dulu, Pak, pada ngomong gitu,” ujar Anto pada Selasa malam.

Anto pun berlanjut ke masjid untuk menunaikan ibadah. Setelah itu, ia mencari tempat yang dituju para anggota Brimob tadi sampai mengetahui bahwa mereka sedang berada di sekitar rumah Munarman.

Saya sempat tanya kepada ketua RT di sana, dijawab bahwa ini urusan Pak Munarman, mau dijemput.

Polisi memblokade jalan di depan rumah Munarman agar warga tidak mendekat. Anto memperkirakan tujuh mobil polisi bersiaga di sana. ”Saya sempat bertanya kepada ketua RT di sana, dijawab bahwa ini urusan Pak Munarman, mau dijemput,” ujarnya.

Menurut Anto, polisi membawa Munarman menjelang pukul 16.00. Itu pun hasil mengumpulkan informasi dari tetangganya karena ia ada keperluan dan pergi sebelum Munarman berangkat.

Anto dan keluarga tinggal di Modern Hill sejak 2007, sedangkan Munarman sudah menetap di sana sebelum dia. Meski jarang bergaul seperti warga pada umumnya, Munarman berinteraksi secara wajar dengan para tetangga.

Munarman kerap datang dalam acara penghuni kompleks sebelum pandemi Covid-19, termasuk halalbihalal pasca-Idul Fitri dan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Bahkan, Munarman beberapa kali memberikan saran hukum ketika ada warga yang didera masalah. Contohnya, Munarman pernah ikut menghadiri pertemuan warga dengan pengembang perumahan ketika terdapat masalah terkait pengelolaan satpam.

Tidak ada penyebaran paham-paham yang menjurus ke terorisme di lingkungan perumahan itu oleh Munarman.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan mengatakan, penangkapan Munarman merupakan hasil dari pengembangan kasus terorisme sebelumnya. ”Jadi terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan. Jadi ada tiga hal tersebut. Nanti lebih detail silakan bertanya kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus hanya menyebutkan pengacara berinisial M yang ditangkap. ”Tempat penangkapan di Perumahan Modern Hill Cluster Bukit Modern, rumah M,” ucapnya (Kompas.id, 27/4/2021). (*kompas.id)


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close