IDF: Menara Al Jalaa Adalah Basis Intelijen Hamas Untuk Menyerang Israel - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

IDF: Menara Al Jalaa Adalah Basis Intelijen Hamas Untuk Menyerang Israel

 

KONTENISLAM.COM - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berdalih bahwa Menara Al Jalaa yang telah mereka bombardir pada Sabtu (15/5) merupakan basis operasi intelijen Hamas.
 
Menara Al Jalaa yang terletak di Kota Gaza dibombardir dengan tiga rudal Israel. Gedung 12 lantai itu diketahui berisi apartemen dan kantor dari media internasional, termasuk Al Jazeera dan Associated Press.

Sejumlah pihak, termasuk banyak organisasi media, mengutuk dan menyayangkan serangan tersebut dengan menganggapnya sebagai pelanggaran hukum internasional yang menargetkan situs milik sipil.

Namun IDF lewat akun Twitter-nya pada Minggu (16/5), IDF menyebut serangan dilakukan lantaran menara tersebut merupakan basis penting bagi Hamas.

"Pangkalan itu mengumpulkan intel untuk menyerang Israel, membuat senjata dan menempatkan peralatan untuk menghambat operasi IDF," kata IDF, tanpa memberikan bukti.

IDF juga menyebut telah memberikan waktu yang cukup, yaitu satu jam, kepada warga untuk melakukan evakuasi sebelum serangan.

"Kami memperingatkan warga sipil di gedung tentang serangan kami karena keprihatinan atas keselamatan mereka dan memberi mereka cukup waktu untuk mengungsi dengan aman. Hamas dan Jihad Islam menggunakan waktu ini untuk mengambil barang-barang dari gedung. Kami bersedia membayar harga itu untuk tidak merugikan warga sipil mana pun," tambah IDF.
 
Namun dikutip dari Al Jazeera, sejumlah jurnalis meragukan hal tersebut. Mereka menyebut tidak memiliki indikasi bahwa Hamas menggunakan gedung tersebut untuk kegiatan intelijen mereka.

"Saya telah bekerja di kantor ini selama lebih dari 10 tahun dan saya tidak pernah melihat sesuatu yang mencurigakan... Di gedung ini, kami memiliki banyak keluarga yang kami kenal selama lebih dari 10 tahun, kami bertemu satu sama lain setiap hari dalam perjalanan keluar-masuk kantor," ujar jurnalis Al Jazeera, Safwat al-Kahlout. [rmol]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close