Menlu Retno: OKI Harus Bersatu Demi Palestina - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menlu Retno: OKI Harus Bersatu Demi Palestina

 

KONTENISLAM.COM - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah melakukan pertemuan luar biasa level menteri luar negeri untuk membahas agresi Israel terhadap Palestina.
 
Pertemuan tersebut digelar secara virtual pada Minggu (16/5) atas saran dari Arab Saudi, dan dihadiri oleh 16 menteri serta menteri luar negeri nagara-negara anggota OKI.

Di dalam pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa komitmen OKI terhadap kemerdekaan Palestina tidak pernah luntur.

Untuk itu, terdapat tiga langkah kunci yang diusulkan oleh Indonesia yang harus dilakukan oleh OKI.

Pertama, memastikan adanya persatuan di antara negara-negara anggota OKI, serta di antara semua pemangku kepentingan di Palestina.

"Tanpa persatuan, OKI tidak akan mampu menjadi penggerak bagi dukungan internasional untuk Palestina. Di saat yang sama, bangsa Palestina hanya bisa mencapai cita-citanya untuk merdeka apabila mereka bersatu," ujar Retno dalam konferensi pers usai pertemuan.

Langkah kedua adalah OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata segera, di mana semua tindakan kekerasan harus dihentikan secepat mungkin.

"Saya menyerukan agar masing-masing negara OKI menggunakan pengaruhnya masing-masing, menggunakan pengaruh yang mereka miliki untuk mendorong gencatan senjata secepatnya," jelasnya.

Selain itu, OKI juga harus tetap fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina.

Dalam hal ini, Retno mengatakan, OKI harus berupaya lebih keras mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel, yang berpedoman pada parameter-parameter yang disetujui secara internasional dan demi tujuan mencari perdamaian berdasarkan prinsip solusi dua negara.

"Perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina masih jauh dari selesai. Persatuan negara OKI, saya tekankan lagi, harus terus kita jaga untuk mendukung perjuangan Palestina," tegas Retno.

"Together we have to act now," pungkasnya. [rmol]

iklan
iklan
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close