Wakil Ketum MUI: Penunjukan Komisaris BUMN Lebih Banyak Bernuansa Balas Budi!

Wakil-Ketum-MUI-Penunjukan-Komisaris-BUMN-Lebih-Banyak-Bernuansa-Balas-Budi

KONTENISLAM.COM - Wakil Ketua Bidang Ekonomi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menilai penunjukkan komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini hanya terkesan balas budi. 

Adapun, pada Jumat (28/5/2021) Menteri BUMN Erick Thohir baru menangkat gitaris grup band Slank Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. 


"Akhir-akhir ini yang banyak terabaikan di mana yang didudukkan untuk menjadi pimpinan dari BUMN tersebut terutama untuk posisi-posisi sebagai komisaris adalah orang-orang yang dinilai oleh banyak pihak tidak tepat, tidak kompeten dan tidak mumpuni," kata Anwar melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (29/5/2021). 


"Penunjukannya terkesan lebih banyak bernuansa sebagai balas budi karena yang bersangkutan telah berkontribusi di dalam pilpres dan atau pemilu yang baru lalu," ujar dia.


Anwar mengatakan, hal semacam itu akan tidak menimbulkan masalah jika dalam pengangkatan menggunakan prinsip orang yang tepat di posisi yang tepat (right man on the right place). 


Namun, ia melihat saat ini pengangkatan komisaris BUMN terlihat seperti menempatkan orang yang tepat di posisi yang salah.


"Bila ini yang terjadi maka tentu kita tidak akan bisa berharap banyak BUMN yang mereka urus akan berjalan dengan baik dan lancar apalagi di tengah-tengah wabah Covid-19 yang sedang menimpa negeri ini," ujarnya. 


Menurut Anwar, di masa pandemi banyak masalah rumit yang dihadapi perusahaan, sehingga jelas akan memerlukan orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman serta kreatifitas dan kecerdasan yang lebih.


Oleh karena itu, ia berharap dan meminta Menteri BUMN untuk rasional dalam menghadapi masalah yang sedang di alami perusahaan milik pemerintah di masa pandemi seperti ini. 


"Kalau hal seperti itu tidak bisa kita hadirkan maka tentu kita harus bersiap-siap sajalah untuk mendengar berita dan kabar buruk dari perusahaan BUMN tersebut," ucap Anwar. 


Adapun selain Abdee Slank, Erick Thohir juga mengangkat Mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menjadi Komisaris Utama PT Telkom Indonesia. [/kmp]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close