Era Sekarang Marak Peretasan Usai Sampaikan Kritikan, YLBHI: Semakin Dibungkam, Rakyat Semakin Lantang Bersuara! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Era Sekarang Marak Peretasan Usai Sampaikan Kritikan, YLBHI: Semakin Dibungkam, Rakyat Semakin Lantang Bersuara!

Era-Sekarang-Marak-Peretasan-Usai-Beri-Kritikan-YLBHI-Semakin-Dibungkam-Rakyat-Semakin-Lantang-Bersuara

KONTENISLAM.COM - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mencatat maraknya peretasan atau pembajakan yang dialami masyarakat sipil karena lantang mengkritisi pemerintah menjadi tanda mundurnya demokrasi di Indonesia, khususnya kebebasan berpendapat.


“Demokrasi kita dilihat dari indeks demokrasi sudah jeblok, dan semakin mundur. Artinya masyarakat terancam. Begitu kebebasan sipil berkurang artinya demokrasi semakin juga turun,” kata Ketua YLBHI, Asfinawati saat dihubungi, Senin (28/6/2021).


Terbaru kasus peretasan dialami pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI). 


Hal itu diduga usai BEM UI lewat beberapa akun media sosial mereka mengunggah poster Presiden Joko Widodo dengan tulisan, ‘King of Lip Service.’


Asfinawati pun yakin dengan adanya peretasan itu, tidak serta merta membuat para aktivis dan masyarakat sipil menjadi bungkam memberikan kritiknya kepada pemerintah meski harus dibayangi ancaman peretasan.


“Saya pikir bukan cuma saya, tapi saya yakin kawan-kawan lain tidak akan mundur juga. Malah semakin yakin Indonesia benar-benar mundur demokrasinya,” tegas Asfinawati.


Sejumlah rangkaian peretasan yang dialami masyarakat sipil dan para aktivis kata Asfinawati, akan menjadi momentum bagi mereka untuk tetap bersuara dengan lantang.


“Semakin suara rakyat dibungkam, kita harus semakin lantang bersuara untuk menyelamatkan demokrasi,” ujarnya.


Seperti pemberitaan sebelumnya, sejumlah pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menjadi korban peretasan akun media sosial. Aksi dugaan peretasan itu terjadi setelah ramai poster Presiden Jokowi yang disebut sebagai King of Lip Service.


Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra menuturkan, aksi peretasan itu terjadi sejak Minggu kemarin hingga Senin (28/6/2021) hari ini.


Dalam keterangannya, aksi peretasan pertama kali menyasar akun media sosial milik Tiara selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021.


Disebutkan jika akun WhatsApp milik Tiara tidak dapat diakses pada pukul 00.56 WIB kemarin. 


Hingga kini, akun WhasApp milik yang bersangkutan belum dapat diakses.


Hal sama pernah terjadi sebelumnya, seperti yang dialami rumah produksi film dokumenter Watchdoc. 


Akun Instagram milik mereka tiba-tiba tidak dapat diakses. 


Diduga hal itu terjadi karena Watchdoc baru saja merilis film dokumenter berjudul ‘End Game.’ 


Film yang berisi dugaan kejanggalan dalam proses penonaktifan 75 pegawai KPK. [suara/]

iklan
iklan
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close