Hasil Survei: HRS dan UAS Jadi Kandidat Capres Pilihan Publik, Nama Beken Lain Kalah

Hasil Survei: HRS dan UAS Jadi Kandidat Capres Pilihan Publik, Nama Beken Lain Kalah 

KONTENISLAM.COM - Habib Rizieq Shihab dan Ustaz Abdul Somad (UAS) disebut menjadi kandidat kuat calon presiden (capres) Indonesia. Elektabilitas keduanya bahkan mengalahkan sejumlah nama besar, dari menteri hingga petinggi partai politik (parpol).

Hal itu terungkap dari hasil survei terbaru yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI). Survei ini dirilis PPI pada Sabtu (5/6/2021).

Hasil itu sendiri cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, HRS dan UAS mampu mengalahkan elektabilitas petinggi parpol seperti Ketua Partai Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, dan Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno mengatakan posisi Rizieq sendiri berada di urutan ke-14. Ia mengalahkan sejumlah nama-nama beken di dunia pemerintahan.

Di antaranya adalah para menteri seperti Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Tak hanya itu, Rizieq juga berhasil melampaui elektabilitas putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Solo. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga kalah elektabilitas dari Rizieq.

Adi lantas menjelaskan tingginya elektabilitas Rizieq. Menurutnya, hal ini dipicu oleh namanya yang terus menjadi perbincangan publik sejak kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.

"Kita tanya kepada publik secara spontan. Di antara figur yang dibicarakan publik belakangan, kira-kira siapa yang jadi top of mind?" ujar Adi dalam keterangan persnya seperti dikutip dari terkini.id, Minggu (5/6/2021).

Walau begitu, presentase elektabilitas Rizieq sendiri masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan nama-nama lain yang bertengger di atasnya. Data survei mengungkap masyarakat yang memilih Rizieq hanya berada di angka 0,9 persen.

Sementara itu, elektabilitas UAS berada di posisi ke-16. Ia mendapatkan presentase sebesar 0,7 persen dalam hasil survei PPI.

Berikut merupakan daftar 10 besar nama-nama yang menjadi kandidat kuat capres:

1. Prabowo Subianto

2. Ganjar Pranowo

3. Anies Baswedan

4. Agus Harimurti Yudhoyono

5. Sandiago Uno

6. Ridwan Kamil

7. Tri Rismaharini

8. Basuki Tjahaja Purnama

9. Gatot Nurmantyo

10. Puan Maharani

Survei ini dilakukan pada 23-28 Mei 2021 dengan populasi warga Indonesia yang telah memiliki hak pilih sesuai undang-undang yang berlaku. Setidaknya ada 1,200 responden yang mengikuti surveu ini.

Sampel diambil dengan menggunakan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel yang sudah dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada dan disesuaikan dengan proporsi populasi serta gender.

Pengumpulan data dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih. Sementara margin of error survei sebesar kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [suara]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close