Simpang Siur Indonesia Tak Dapat Kuota, Berapa Jemaah Haji Yang Diizinkan Arab Saudi Untuk Tahun Ini? - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Simpang Siur Indonesia Tak Dapat Kuota, Berapa Jemaah Haji Yang Diizinkan Arab Saudi Untuk Tahun Ini?

 

KONTENISLAM.COM - Kabar seputar Indonesia tidak mendapatkan kuota haji untuk tahun ini dari Arab Saudi memicu banyak reaksi, menimbulkan kesimpang-siuran di publik.
 
Tidak dapatnya kuota haji dari Arab Saudi juga dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat pemerintah Indonesia memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan haji tahun ini.

Dutabesar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Ahmed Abid Al-Thaqafi sendiri telah memberikan klarifikasi bahwa kabar Indonesia tidak mendapatkan kuota haji merupakan informasi yang salah.

"Saya ingin memberitahukan kepada Yang Mulia, bahwa berita-berita tersebut tidaklah benar dan hal itu tidaklah dikeluarkan oleh otoritas resmi Kerajaan Arab Saudi," ujarnya lewat surat yang dikirim oleh Dubes Essam kepada Ketua DPR RI Puan Maharani pada 3 Juni 2021.

Ia mengatakan, saat ini otoritas Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apapun berkenaan dengan pelaksanaan haji, baik bagi para jemaah haji Indonesia atau jemaah haji lainnya dari seluruh negara di dunia.

Namun saat ini, Arab Saudi memang sudah membuka perbatasannya untuk 11 negara, yaitu Amerika Serikat (AS), Irlandia, Italia, Portugal, Inggris, Uni Emirat Arab (UEA), Jerman, Swedia, Sweiss, Prancis, dan Jepang.

Sementara itu, pemerintah Kerajaan Arab Saudi sendiri telah mengumumkan kuota haji untuk tahun ini sebesar 60.000 orang. Sebanyak 15.000 untuk jemaah dari Arab Saudi, sedangkan 45 ribu lainnya untuk jemaah dari seluruh dunia.

Mereka yang diizinkan melakukan haji harus berusia 18 hingga 60 tahun, dan telah divaksinasi Covid-19. Namun vaksin yang digunakan harus memiliki izin dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

WHO sendiri telah memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson&Johnson. Belakangan, badan PBB itu memberikan izin pada Sinovac.
 
Ketika tiba di Arab Saudi, para jemaah juga harus menjalani karantina selama tiga hari untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tahun lalu, Arab Saudi hanya mengizinkan 10.000 jemaah untuk mengikuti ibadah haji. Para jemaah juga harus penduduk Arab Saudi. [rmol]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close