UI Peringkat Satu di Indonesia, tapi di Dunia Dikalahkan Kampus-Kampus Malaysia

KONTENISLAM.COM - Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia The Times Higher Education (THE) kembali merilis The Asia University Rankings 2021 melalui laman timeshighereducation.com, pada Rabu, 2 Juni 2021 lalu.

Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, peringkat ke-15 di Asia Tenggara, peringkat ke-194 di tingkat Asia, sedangkan di dunia UI mendapatkan peringkat 801-1.000, dengan nilai keseluruhan 32.9 poin.

Peringkat UI sebagai universitas nomor satu di tingkat se-Indonesia ini kalah dari universitas di Malaysia di tingkat Asia. Peringkat UI dikalahkan setidaknya tujuh universitas di Malaysia dalam rangking tersebut.

Dari pemeringkatan tingkat Asia itu, peringkat UI kalah jauh dari Universitas of Malaysia yang berada di peringkat 49. Selanjutnya, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) di peringkat ke 119, Universiti Putra Malaysia peringkat 136, Universiti Kebangsaan Malaysia peringkat 150, Universiti Teknologi Malaysia peringkat 150, Universiti Utara Malaysia 155, Universiti Sains Malaysia 163.

Sementara itu, 10 universitas terbaik di tingkat Asia, univeritas China berada di paling terbaik. Adapun peringkat pertama yakni Tsinghua University dari China, kemudian Peking University dari China, National University of Singapore, University of Hong Kong, Nanyang Technological University, Singapore, The University of Tokyo, Chinese University of Hong Kong, The Hong Kong University of Science and Technology, Seoul National University, Kyoto University.

Di peringkat dunia, 10 universitas terbaik adalah:
1. University of Oxford (United Kingdom)
2. Stanford University (United States)
3. Harvard University (United States)
4. California Institute of Technology (United States)
5. Massachusetts Institute of Technology/MIT (United States)
6. University of Cambridge (United Kingdom)
7. University of California, Berkeley (United States)
8. Yale University (United States)
9. Princeton University (United States)
10. The University of Chicago (United States)

THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti para perguruan tinggi tersebut yang meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

*Referensi:

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close