DAHSYATNYA PAHALA & KEUTAMAAN IBADAH QURBAN - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DAHSYATNYA PAHALA & KEUTAMAAN IBADAH QURBAN

 

DAHSYATNYA PAHALA & KEUTAMAAN IBADAH QURBAN
 
Oleh: Ustad. Abdul Somad. Lc., MA., Ph.D

Ibadah kurban memiliki banyak keutamaan jika dilaksanakan dengan ikhlas dan mengharap ridha Allah Subhanahu Wata'ala. Berikut keutamaan ibadah kurban:

1. Disukai Allah SWT

Dari Aisyah, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak beramal anak Adam pada hari Nahr ('Idul Adha) yang paling disukai Allah selain daripada mengalirkan darah (menyembelih qurban). Kurban itu akan datang kepada orang-orang yang melakukannya pada hari kiamat dengan tanduk, rambut dan kukunya. Darah kurban itu lebih dahulu jatuh ke Allah sebelum jatuh ke atas tanah. Oleh sebab itu, berkurbanlah dengan senang hati.”

2. Jadi Kendaraan di Akhirat

 وَذَكَرَ الرَّافِعِيُّ وَابْنُ الرِّفْعَةِ حَدِيْثَ عَظِّمُوْا ضَحَايَاكُم فَإِنَّهَا عَلَى الصِّرَاطِ مَطَايَاكُمْ وَهُوَ فِيْ مُسْنَدِ الْفِرْدَوْسِ لِأَبِيْ مَنْصُوْرٍ الدَّيْلَمِيِّ لَكِنْ بِلَفْظِ اِسْتَفْرِهُوْا بَدَلَ عَظِّمُوْا

Imam Rafi’i dan Imam Ibnurrif’ah menuturkan hadits: "Besarkanlah hewan-hewan kurban kalian, karena sesungguhnya hewan itu akan menjadi
tumpangan kalian di shirath (jembatan)."

3. Pahala di Setiap Satu Tetes Darah

Dari Zaid bin Arqam radhiyallaahu ‘anhu, bahwasanya para sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Apakah kurban-kurban ini?" Beliau menjawab: “Sunnah bapak kamu sekalian, Ibrahim ‘alaihissalaam”. Sahabat bertanya: “Pahala apa yang kami dapatkan darinya?" Rasulullah menjawab: “Setiap tetes darah satu kebaikan”.

4. Pahala di Setiap Helai Rambut

Lanjutan hadits di atas...

Zaid bin Arqam berkata: Kami bertanya : “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan bulunya?” Beliau menjawab: “Setiap rambut dari bulunya adalah kebaikan”.

5. Dimohonkan Ampun 10 Malaikat Sampai Kiamat

Dari sayidina Ali karrromallahu wajhah berkata: "Siapa berangkat dari rumahnya hendak membeli hewan kurban maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukannya serta dinaikan 10 derajatnya. Apabila berbicara di anggap bertasbih dan ketika membayarkan harga / uangnya setiap dirhamnya memperoleh 700 kebaikan dan ketika meletakan hewan itu di atas tanah untuk disembelih maka Allah menjadikan setiap tetes darahnya malaikat sejumlah 10 orang malaikat yang selalu beristighfar untuknya sampai kiamat. Dan waktu daging dibagikan maka setiap potongannya seperti memerdekakan seorang budak dari keturunan Nabi Ismail alaihisalam."

Wallaahu A'lam.
Semoga bermanfaat dan Jazakallah Khoiron ☺❤

[VIDEO]

iklan
iklan
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close