Tegang! Filipina Usir Kapal Perang China dari Laut China Selatan - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Tegang! Filipina Usir Kapal Perang China dari Laut China Selatan

Tegang! Filipina Usir Kapal Perang China dari Laut China Selatan 

KONTENISLAM.COM - Kapal penjaga pantai Filipina memberikan peringatan dan mengusir sebuah kapal perang China yang kedapatan berlayar di perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa.

Kapal perang China itu dilaporkan berlayar di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina.

Seperti dilansir dpa dan The Star, Senin (19/7/2021), pernyataan Penjaga Pantai Filipina menyebut insiden ini terjadi pada 13 Juli lalu di perairan Marie Louise Bank, yang berjarak 147 mil laut dari pantai El Nido, Provinsi Palawan, Filipina bagian barat,

Kapal penjaga pantai Filipina dilaporkan memberikan peringatan verbal dan mengikuti pergerakan kapal perang China itu.

Laporan Bloomberg menyebut kapal perang China itu kemudian mengirimkan pesan radio yang mengidentifikasi diri sebagai 'kapal perang 189 Angkatan Laut China' dan meminta kapal Filipina untuk menjaga jarak.

Kapal perang China itu akhirnya berlayar menjauhi Marie Louise Bank setelah berkali-kali ditantang oleh kapal penjaga pantai Filipina bernama BRP Cabra.

Kedua negara diketahui terlibat ketegangan di Laut China Selatan dalam beberapa bulan terakhir. Pada 30 Juni lalu, kapal penjaga pantai Filipina mengusir lima kapal China dan dua kapal Vietnam menjauhi area yang sama.

Filipina meningkatkan patroli di perairan Laut China Selatan di tengah meningkatnya kehadiran kapal-kapal China di area sengketa.

Foto pulau buatan di Laut China Selatan Ilustrasi (dok. Reuters/Ritchie B. Tongo)
Sejak Maret, nyaris 300 kapal China terdeteksi di berbagai area Laut China Selatan, termasuk di dalam area yang diklaim Filipina dan di dalam zona ekonomi eksklusif negara itu.

Otoritas Filipina berulang kali memprotes kehadiran kapal-kapal China dan telah didukung oleh Amerika Serikat (AS). Sementara otoritas China menekankan bahwa aktivitas kapalnya itu normal dan sah.

China diketahui mengklaim hampir seluruh perairan Laut China Selatan sebagai wilayahnya dan membantu sejumlah pulau buatan dengan fasilitas berkemampuan militer di area-area sengketa.

Selain Filipina, beberapa negara lainnya seperti Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan juga memiliki klaim tumpang-tindih atas area-area di Laut China Selatan.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close