Para Muralis Akan Difasilitas-Dilibatkan dalam HUT ke-388 Karawang - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Para Muralis Akan Difasilitas-Dilibatkan dalam HUT ke-388 Karawang

Para Muralis Akan Difasilitas-Dilibatkan dalam HUT ke-388 Karawang 

KONTENISLAM.COM - Para muralis di Kabupaten Karawang akan mendapat fasilitas sebagai ruang untuk menyalurkan ekspresinya. Hal itu diberikan agar karya para muralis tidak mengotori fasilitas publik hingga harus dihapus petugas karena dianggap mengganggu.

Kasat Intel, Polres Karawang AKP Agustinus Manurung mengungkapkan maraknya mural yang dibuat para seniman, tidak serta merta membuat pihaknya reaktif dan represif. Oleh karenanya, pihaknya melakukan dialog dan pendekatan persuasif dengan memediasi para seniman dengan pemerintah daerah, agar bisa memahami apa yang tengah dirasakan para seniman.

"Jadi mediasi ini adalah bentuk dialog, dengan berbagai pihak, dihadiri oleh Satpol PP, dan perwakilan dinas, untuk mencari pemahaman, juga kesepakatan. Hasilnya kami sepakat untuk memfasilitasi ruang bagi muralis di Karawang untuk bisa berkesenian dan meluapkan ekspresinya, juga jelang HUT Karawang ke 388, kami akan mencoba memfasilitasi seniman mural untuk bisa terlibat di dalamnya, dengan membuat festival mural," kata Agustinus saat diwawancarai usai mediasi dengan perwakilan muralis di Karawang, Kamis (2/9/2021).
 
Soal penghapusan mural 'Urus Rakyatmu Jangan Kau Urus Muralku', dia menyebut merupakan inisiatif pembuatnya sendiri. "Untuk penghapusan sendiri, itu bukan dari petugas polisi dan Satpol PP. Itu oleh senimannya secara inisiatif, karena mungkin sudah viral di media sosial namun tentunya kami sudah bertemu orang yang menggambarnya, lalu secara komunikasi, juga mediasi akhirnya ada kesepakatan bersama hari ini," katanya.

Sementara itu, perwakilan muralis Muhamad Hamidi (37) mengakui memang benar membuat mural 'KAPAN TATAP MUKA KAMI SUDAH TIDAK MAMPU MEMBELI KUOTA', dan Mural 'Urus Rakyatmu Jangan Kau Urus Muralku' merupakan karya dari rekannya.
 
"Sebenarnya ada 4 Mural yang 3 itu dibuat oleh saya, dan untuk Mural 'Urus Rakyatmu Jangan Kau Urus Muralku' dibuat oleh teman saya, dan memang dihapus oleh pribadi, karena memang telah ada komunikasi sebelumnya, dan membuat resah semuanya, hingga kami pun meminta difasilitasi ruang untuk berkesenian," kata Hamidi atau sering disapa Medi ini.

Dia juga mengakui meminta untuk bisa dilibatkan dalam memfasilitasi festival mural dalam HUT Karawang ke 388. "Kami pun meminta, agar Muralis ini bisa bebas menggelar kegiatan, khususnya jelang HUT Karawang ini, rencana memang akan membuat festival Mural," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Rabu (1/9) kemarin, dalam pantauan detikcom tulisan 'Urus Rakyatmu Jangan Kau Urus Muralku' dihapus oleh cat tembok berwarna kuning, namun masih tampak jelas tulisan tersebut. Sementara untuk mural 'KAPAN TATAP MUKA KAMI SUDAH TIDAK MAMPU MEMBELI KUOTA' tidak tampak dihapus, hanya saja tertutup oleh lapak pedagang cermin.(detik)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close