Prof. Dr. Zubairi Djoerban: Penting! EFEK SAMPING Pasca Vaksin Covid-19 - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Prof. Dr. Zubairi Djoerban: Penting! EFEK SAMPING Pasca Vaksin Covid-19

 

Oleh: Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kekhawatiran terbesar setelah divaksin Covid-19 adalah efek sampingnya. Itu lumrah. Tapi berapa lama efek tersebut bertahan dan bagaimana jika pascavaksin Anda menggigil, sakit kepala atau muncul ruam bintik-bintik merah di kulit.

Inilah yang perlu Anda cermati:

Harus dipahami dulu. Efek samping pascavaksin adalah normal. Itu tanda vaksinnya “nendang” dan sistem kekebalan tubuh Anda melakukan tugasnya. Dia itu sedang membangun perlindungan terhadap virus.

Namun, amat normal juga untuk tidak mendapatkan efek samping sama sekali atau hanya ringan. Seperti saya, ketika divaksin Moderna. Saya demam setengah jam setelah disuntik. Tapi ada juga memang yang demam tiga hari dan lengan bekas suntikannya bengkak. Ada.

Ukurannya, selama Anda masih bisa berkegiatan pascavaksin atau setelah tiga hari demam, ya itu normal atau umum. Termasuk sakit kepala, merasa lelah, panas dingin, menggigil, mual dan bengkak di tempat suntikan. Semuanya itu masih normal.

Tapi, jika Anda mengalami sakit kepala parah lebih dari tiga hari, sakit perut parah, bintik-bintik merah kecil di bawah kulit, atau sesak napas, Anda harus konsultasi dengan petugas medis. Apalagi jika ada anafilaksis (reaksi alergi) atau sampai pingsan. Segera konsultasi.

Itulah mengapa, kondisi seseorang harus diamati selama seperempat jam pascavaksin. Dus, setelah divaksin, ada baiknya juga Anda minum parasetamol tiap delapan jam selama 24 jam. Terima kasih.

Salam sehat.

*Sumber: twit @ProfesorZubairi


Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close