Tak Percaya Jokowi Tolak 3 Periode, Ray Rangkuti: Ucapan & Tindakan Dia Kan Kerap Berubah - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Percaya Jokowi Tolak 3 Periode, Ray Rangkuti: Ucapan & Tindakan Dia Kan Kerap Berubah

Tak Percaya Jokowi Tolak 3 Periode, Ray Rangkuti: Ucapan & Tindakan Dia Kan Kerap Berubah 

KONTENISLAM.COM - Meski sudah menolak usulan amandemen tiga periode dan perpanjangan masa jabatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih diragukan sejumlah pihak.

Salah satunya adalah Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia), Ray Rangkuti.

Bukan tanpa sebab, menurut Ray, penolakan Jokowi atas amandemen tidak terdengar argumentatif, subtantif, dan prinsipil.

“Umumnya alasan presiden menolak amandemen itu lebih bersifat tekhnis saja,” ungkapnya pada wartawan, Senin, 6 September 2021.

Baginya, presiden takut ditafsirkan bahwa seolah amandemen itu demi kepentingan dirinya sendiri.

Selain itu, Ray juga kembali menyoroti revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tiba-tiba disahkan oleh Jokowi.

“Awalnya presiden menyatakan tidak setuju dengan revisi UU KPK, tapi akhirnya terlibat penuh dalam pembahasannya,” ujarnya.

Lebih jauh, aktivis satu ini juga menyinggung pernyataan Jokowi terkait hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang menjadi syarat agar pegawai KPK bisa diangkat menjadi ASN.

“Dia bilang tidak dijadikan sebagai sarat rekrutmen staf KPK. Ternyata tidak sepenuhnya dilaksanakan oleh KPK, tokoh juga dicuekin oleh presiden,” imbuh Ray.

Atas dasar tersebut, Ray mengatakan, ucapan presiden dan tindakannya kerap kali berbeda.

“Bisa berubah seiring dengan situasi yang berkembang. Belum lagi soal rencana revisi UU ITE yang sampai sekarang sudah tidak terdengar kelanjutannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan petinggi partai politik (parpol) koalisi non parlemen di Istana Kepresidenan pada Rabu, 1 September 2021, Jokowi sempat menyinggung soal amandemen UUD 1945.

Sekretaris Jenderal PBB, Affriansyah Ferry Noor mengatakan, Jokowi dengan tegas menolak untuk melakukan amandemen UUD 1945, baik secara terbuka maupun terbatas.

“Soal amandemen ini beliau menjawab, saya atau pemerintah tidak akan melakukan amandemen, baik terbuka maupun terbatas,” ujarnya dalam wawancara dilansir Jumat, 3 September 2021.

Menurut keterangan Ferry, Jokowi tidak mau disalahkan dalam permasalahan ini.

“Saya tidak mau disalahkan seolah-olah saya mau 3 periode, atau diperpanjang,” tuturnya. [pikiran-rakyat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close