Taliban Dibujuk Agar Bergabung Dengan Proyek Raksasa Tiongkok

 

KONTENISLAM.COM - Pakistan telah meyakinkan Afghanistan yang dipimpin Taliban untuk bergabung dengan proyek infrastruktur Koridor Ekonomi Cina-Pakistan (CPEC) yang bernilai miliaran dolar, duta besar Pakistan untuk negara itu mengatakan pada hari Senin (27/9/2021), Reuters melaporkan.

“Konektivitas regional merupakan elemen penting dari diskusi kami dengan para pemimpin Afghanistan dan jalan kami ke depan untuk melakukan interaksi ekonomi dengan Afghanistan,” kata Mansoor Ahmad Khan, utusan Pakistan untuk Kabul, dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

“Proyek penting ini – Koridor Ekonomi Cina Pakistan – memberikan peluang bagus, potensi bagus untuk menyediakan infrastruktur dan konektivitas energi antara Afghanistan dan Pakistan … (dan) juga menghubungkan Asia Selatan ke kawasan Asia Tengah.”

CPEC adalah bagian utama dari Belt and Road Initiative (Inisiatif Sabuk dan Jalan/OBOR), di mana Beijing telah menjanjikan lebih dari $60 miliar untuk proyek infrastruktur di Pakistan, sebagian besar dalam bentuk pinjaman alias utang.

Khan mengatakan bahwa diskusi telah diadakan dengan pemerintah yang dipimpin Taliban mengenai hal ini dan cara lain untuk mengembangkan ekonomi negara tersebut.

“Saya pikir ada minat yang mendalam dalam hal mengembangkan konektivitas ekonomi Afghanistan dengan Pakistan melalui CPEC dan dengan negara-negara tetangga lainnya termasuk Iran, Cina, negara-negara Asia Tengah.”

Dalam beberapa hari terakhir perwakilan dari Pakistan, Cina, dan Rusia telah mengadakan pertemuan dengan pejabat Taliban. Khan mengatakan keamanan dan pembangunan ekonomi adalah dua topik utama yang sedang dibahas dan bahwa negara-negara ini diharapkan untuk terus berkonsultasi sebagai sebuah kelompok dan bertemu dengan Taliban ke depan.

Sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 15 Agustus, negara itu telah terjerumus ke dalam krisis ekonomi karena bantuan internasional negara itu sebagian besar terputus. Miliaran dolar aset bank sentral yang disimpan di luar negeri juga telah dibekukan, yang telah menekan sistem perbankan dan mencegah sebagian besar transaksi yang melibatkan dolar AS, yang menurut Khan juga menghambat perdagangan.

Khan mengatakan bahwa Pakistan juga berusaha untuk bekerja dengan masyarakat internasional untuk mengurangi pembatasan internasional pada sistem perbankan dan beberapa eksekutif dari lembaga keuangan Pakistan dengan kehadiran di Afghanistan telah mengunjungi Kabul dalam beberapa hari terakhir untuk melihat apakah situasinya dapat ditingkatkan jika batasan internasional berakhir.
 
Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya enggan memberikan dana kepada Taliban sampai gerakan Islam itu memberikan jaminan bahwa mereka akan mematuhi “prinsip internasional” dalam menegakkan hak asasi manusia, dan khususnya hak-hak perempuan.

Pakistan, yang berbatasan dengan Afghanistan dan menampung jutaan pengungsi Afghanistan dari konflik puluhan tahun, prihatin dengan krisis ekonomi yang melanda tetangganya. Perdana menterinya, Imran Khan, dan pejabat lainnya telah mendesak masyarakat internasional untuk tidak mengisolasi pemerintahan Taliban, dengan mengatakan bantuan harus diberikan untuk mencegah keruntuhan ekonomi dan gelombang pengungsi.

Pakistan memiliki hubungan yang dalam dengan Taliban dan dituduh mendukung kelompok itu saat mereka memerangi pemerintah dukungan AS di Kabul selama 20 tahun – tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

Namun, Pakistan belum secara resmi mengakui pemerintahan yang dipimpin Taliban dan Khan, duta besar Pakistan, mengatakan kepada Reuters bahwa “masalah pengakuan formal akan muncul kemudian karena Pakistan adalah bagian dari komunitas internasional.” (arrahmah)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close