Tim Desain Pencahayaan Masjid Istiqlal Beri Penjelasan Soal Viral Disebut Mirip Diskotek: Kalau Bisa Jangan Disebar - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tim Desain Pencahayaan Masjid Istiqlal Beri Penjelasan Soal Viral Disebut Mirip Diskotek: Kalau Bisa Jangan Disebar

Pencahayaan di masjid Istiqlal yang viral. satu di antara tim desainer lighting Masjid Istiqlal, Chairunnisa Luthfya, memberi penjelasan tentang hal tersebut.  Dia mengomentari satu akun netizen agar tidak menyebarluaskan informasi sebelum tahu konteksnya.

KONTENISLAM.COM - Belum lama ini publik heboh dengan penampakan pencahayaan interior Masjid Istiqlal yang disebut netizen mirip dengan lampu diskotek.

Tampak dalam video viral, jika warna-warna lampu di bagian gedung utama Masjid Istiqlal menyala mirip seperti pencahayaan di dalam diskotek.

Cahaya lampu red, green, blue (RGB) dalam Masjid Istiqlal ini menjadi pergunjingan di media sosial.

Akun Twitter @FKadrun termasuk yang memviralkan video tersebut dimana memperlihatkan kondisi Masjid Istiqlal pada malam hari.

Tak lama setelah ada kegaduhan, satu di antara tim desainer lighting Masjid Istiqlal, Chairunnisa Luthfya, memberi penjelasan tentang hal tersebut.

Dia mengomentari satu akun netizen agar tidak menyebarluaskan informasi sebelum tahu konteksnya.

"Mohon maaf, kalo bisa jgn disebarluaskan sebelum tahu konteksnya. Itu video lama, saat lamp checking. Liat di mihrabnya masih ada tukang-tukang untuk konstruksi. Kenapa lampunya RGB? Supaya bisa masuk control warna lampu circadian rhythm (warm - cool - warm white) pas waktu shalat berbeda," kata Luthfya menjelaskan melalui Twitter pribadinya @_nichtglauben seperti yang dilihat pada Rabu, 15 September 2021.

Luthfya menjelaskan jika video berdurasi 42 detik tersebut adalah video internal installator lampu saat sedang mengecek pemasangan lampu.

“Kenapa RGB? Ini chip checking, untuk ngecek apakah pas control dynamic, lighting berfungsi baik atau enggak,” katanya.

Dia mengatakan, jika pihak Masjid Istiqlal tidak ingin membuat masjid mirip diskotek.

Dijelaskannya, pemasangan lampu RGB pada interior Masjid Istiqlal, sebatas untuk mengikuti warna sinar matahari, dari pagi hingga petang (circadian rhythm).

Luthfya menjelaskan bagaimana lampu yang diatur sedemikian rupa, makin memperindah masjid dan membawa suasana yang sangat tenang saat beribadah.

Lantas, Luthfya memberikan contoh, Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi.

"My new fav! Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi. Of course pake lighting designer consultant, Speirs Major Assoc. see? Gaada larangan sama sekali utk menggunakan lampu multi-warna di dalam masjid. Tidak otomatis menjadikan masjid sebagai tempat yang kurang sakral," ucapnya.

Dia pun sangat berharap jika jika masih belum percaya atas penjelasannya bisa datang langsung ke Masjid Istiqlal untuk mengecek.

"Kalau tidak percaya, mungkin bisa ke Istiqlal dan cek sendiri ya. Boleh dicek kalau bisa ke kontrol lampunya, sudah tidak ada skema RGB," katanya menjelaskan.

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close