Vaksin Sinovac Disebut Tak Manjur dan Kualitas Rendah, Tiongkok Marah - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vaksin Sinovac Disebut Tak Manjur dan Kualitas Rendah, Tiongkok Marah

Vaksin Sinovac Disebut Tak Manjur dan Kualitas Rendah, Tiongkok Marah 

KONTENISLAM.COM - Kepercayaan terhadap kemanjuran vaksin Covid-19 dari Tiongkok, Sinovac, kerap diragukan. Hal itu membuat Tiongkok terkadang hilang kesabaran. Di Thailand, Kedutaan Tiongkok yang berkedudukan di Bangkok marah karena vaksin Sinovac disebut tak manjur dan berkualitas rendah.

Kedubes Tiongkok mengeluarkan pernyataan di halaman Facebook-nya, membantah tuduhan beberapa orang bahwa vaksin Sinovac berkualitas rendah dan tidak efektif. “Pemerintah Tiongkok mengirimkan vaksin Sinovac ke Thailand pada kesempatan pertama bahkan meski permintaan vaksin di Tiongkok masih tinggi dan kemampuan produksinya masih belum memadai,” kata pihak Kedutaan.

“Setiap dosis vaksin yang dikirim oleh Tiongkok mewakili niat baik dan persahabatan yang telah dipertahankan Tiongkok dengan Thailand sejak lama,” imbuhnya.

“Vaksin yang dikirim oleh pemerintah Tiongkok telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam daftar penggunaan darurat dan telah lulus uji klinis seperti yang dipersyaratkan oleh standar BPOM Thailand,” sebut Kedutaan.

“Vaksin ini aman, efektif dan telah sepenuhnya disertifikasi dalam hal kualitas,” tegas Kedubes.

Kedutaan menambahkan bahwa studi klinis di Cile telah mengungkapkan bahwa vaksin Sinovac lebih dari 86 persen efektif dalam mencegah gejala parah dan kematian di antara pasien Covid-19. Sementara sebuah studi oleh pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa vaksin tersebut efektif hingga 95 persen.

Menurutnya ada orang dan pihak tertentu di Thailand yang menuduh Sinovac sebagai vaksin berkualitas rendah yang kurang efektif melawan Covid-19. Ia menilai tuduhan itu sama sekali mengabaikan bukti ilmiah dan merugikan niat baik kami untuk Thailand. Kedutaan mendesak orang-orang dan pihak-pihak seperti itu untuk menghentikan tindakan mengerikan tersebut.

“Tiongkok bersedia untuk terus membantu Thailand dalam perang melawan Covid-19 dengan ketulusan dan niat baik bersama yang dimiliki kedua negara. Kami berharap Thailand dapat mengatasi krisis ini dan kembali normal sesegera mungkin,” tambah Kedutaan.[jawapos]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close