Wabah Demam Misterius Muncul di India, Puluhan Anak Meninggal Dunia - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wabah Demam Misterius Muncul di India, Puluhan Anak Meninggal Dunia

Wabah Demam Misterius Muncul di India, Puluhan Anak Meninggal Dunia 

KONTENISLAM.COM - Wabah demam misterius muncul di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian yang terletak di India Utara. Sejauh ini 56 orang yang didominasi oleh anak-anak dilaporkan meninggal dunia.

Penyakit yang belum diketahui ini punya ciri-ciri gejala demam tinggi, nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi, dan mual, di mana beberapa pasien mengalami ruam di tungkai atas dan bawah. Anehnya, tak satupun korban yang didiagnosis positif COVID-19.

Beberapa dokter menduga, penyakit ini disebabkan oleh demam berdarah yang sangat parah. Sebab, hasil tes darah sejumlah pasien menunjukkan penurunan jumlah trombosit yang biasanya disebabkan oleh DBD.

“Para pasien terutama anak-anak di rumah sakit meninggal dengan sangat cepat,” kata Dr. Neeta Kulshrestha, pejabat kesehatan senior di distrik Firozabad, kepada BBC News.

Akibat kejadian ini, Dr Kulshrestha pun terkena imbasnya. Ia dicopot dari jabatannya oleh Perdana Menteri negara bagian, Yogi Adityanath, karena dianggap lambat dalam mengambil tindakan sehingga menimbulkan banyak korban.

Sebuah tim yang terdiri dari 11 dokter spesialis telah dikirim ke Firozabad untuk menyelidiki kasus demam misterius yang saat ini terjadi. Pemerintah setempat juga mengirimkan obat-obatan dan kebutuhan lainnya untuk masyarakat yang terkena dampak.

Demam berdarah sendiri adalah penyakit virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti dengue melalui gigitan. Nyamuk ini banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, sebagian besar menempati perkotaan. Ada empat jenis virus dengue. Artinya, seseorang dapat terinfeksi sebanyak empat kali.

Sebagian besar kasusnya ringan, tapi ada kemungkinan virus menyebabkan gejala akut yang mirip flu. Jika tidak segera ditangani, pasien DBD bisa meninggal dunia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diperkirakan terdapat sekitar 390 juta infeksi dengue di seluruh dunia. Jumlah infeksi dan kematian telah meningkat secara drastis dalam beberapa dekade terakhir, melonjak empat kali lipat antara tahun 2000 dan 2015, tatkala 4.032 orang meninggal karena penyakit DBD.

Kemungkinan lain penyebab demam misterius di India disebabkan oleh Japanese ensefalitis yang juga disebarkan oleh nyamuk. WHO memperkirakan ada 68.000 kasus ensefalitis setiap tahun di beberapa negara di Asia.

Secara umum, penyakit ini sangat jarang terjadi namun memiliki fatality rate atau tingkat kematian yang tinggi. Hampir satu dari tiga orang yang terinfeksi ensefalitis meninggal dunia.

Baik DBD maupun ensefalitis belum ada obatnya. Tapi ada vaksin yang bisa digunakan dan efektif mencegah Japanese ensefalitis.

Analisis sampel sedang dilakukan untuk mengetahui apakah salah satu dari virus jadi penyebab wabah demam misterius di India. Atau justru ada penyebab lain yang menyebabkan puluhan orang meninggal di Uttar Pradesh. [kumparan]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close