Fakta Komcad: Angkatan Pertama hingga Deddy Corbuzier Jadi Duta

Fakta Komcad: Angkatan Pertama hingga Deddy Corbuzier Jadi Duta   

KONTENISLAM.COM - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menjadikan Deddy Corbuzier sebagai duta komponen cadangan (komcad) TNI.

Begini sederet fakta mengenai pembentukan Komcad hingga Deddy Corbuzier ditunjuk jadi duta.

1. Angkatan Pertama
Komcad angkatan pertama resmi ditetapkan dalam sebuah upacara yang digelar di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). Penetapan Komcad angkatan pertama dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kala itu, Prabowo turut mendampingi Jokowi. Keduanya terlihat mesra dalam acara penetapan Komcad tersebut. Jokowi dan Prabowo menaiki jip terbuka yang sama saat memeriksa pasukan Komcad TNI.
 
Komponen Cadangan adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi Komponen Cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI dan di bawah kendali Panglima TNI.

2. Bermacam Daerah dan Profesi
Jokowi telah menetapkan 3.103 anggota komponen cadangan (komcad) yang akan mendukung TNI sebagai komponen utama pertahanan RI. Anggota komcad TNI AD tersebut berasal dari bermacam-macam daerah dan profesi.

Diketahui mereka telah mendaftarkan diri secara sukarela serta melewati tahap seleksi pada 1-17 Juni 2021 dan pelatihan dasar kemiliteran pada 21 Juni-18 September lalu.

Melansir akun Instagram @belanegara_org yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan), para anggota komcad berasal dari berbagai latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai, wartawan, dosen, wiraswasta, dan mahasiswa. Setelah latihan selama tiga bulan di rindam masing-masing, nantinya mereka akan kembali menjadi warga negara biasa.

3. Dikerahkan Saat Darurat Militer
Jokowi menyebut masa aktif Komcad tidak setiap hari. Mengingat Komcad hanya dikerahkan jika negara dalam keadaan darurat militer atau perang. Saat itu terjadi, Komcad akan dimobilisasi presiden dengan persetujuan DPR. Namun, komando dan kendalinya tetap berada di bawah Panglima TNI.

"Artinya, tidak ada anggota Komando Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan, komando cadangan tidak boleh digunakan untuk lain kecuali kepentingan pertahanan, komponen cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara," tuturnya.

4. Deddy Corbuzier Jadi Duta
Terkait ditunjuknya Deddy Corbuzier sebagai duta komcad diumumkan langsung oleh Deddy lewat unggahan foto di akun Instagramnya @mastercorbuzier.
 
Dari unggahan yang dilihat detikcom pada Rabu (13/10/2021), tampak Deddy dan Prabowo berhadapan. Prabowo tampak mengenakan baju berwarna cokelat, sementara Deddy mengenakan pakaian bermotif loreng. Mereka terlihat berpose hormat.

Deddy hanya menuliskan simbol 'love' dan kata 'ID' pada caption foto itu. Unggahan Deddy ini mendapatkan banyak komentar dari netizen dan publik figur lainnya.

Salah satu yang berkomentar adalah ajudan Prabowo Subianto, Rizky Irmansyah. Ia menuliskan, "Keren om! Duta Komcad, Merdeka!!"

Komentar Rizky lantas dibalas oleh Deddy "Thank u sir".(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close