Indonesia Punya Hutang 'Gelap' Triliunan ke China, Rocky Gerung: Kedaulatan RI Diambil Alih Tiongkok! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia Punya Hutang 'Gelap' Triliunan ke China, Rocky Gerung: Kedaulatan RI Diambil Alih Tiongkok!

Indonesia Punya Hutang 'Gelap' Triliunan ke China, Rocky Gerung: Kedaulatan RI Diambil Alih Tiongkok! 

KONTENISLAM.COM - Baru-baru ini, muncul sebuah data, AidData, yang menyatakan jika Indonesia mempunyai hutang 'gelap' atau tersembunyi ke China yang jumlahnya mencapai triliunan rupiah.

Tepatnya, jumlah hutang tersembunyi Indonesia ke China yakni sekiranya Rp240 triliun.

Mengetahui hal tersebut, Pengamat Politik Rocky Gerung buka suara, ia mengatakan jika kedaulatan negara Indonesia bisa terancam jika pemerintah terus mengambil hutang dari China.

Sebab, sudah banyak contoh dari negara lain, seperti Laos dan Afrika, yang mana ada wilayahnya yang diambil alih China lantaran mereka tak mampu bayar hutang.

"Kan kita paham bahwa pemerintah China dalam upaya menghegemoni kawasan Asia itu berlangsung terus menerus, bujuk membujuk," kata Rocky dikutip dari kanal YouTube-nya, Rabu, 6 Oktober 2021.

Rocky mengungkap bahwasanya China sangat senang dengan pemimpin yang ambusius, maka dari itu mereka bakal terus menawarkan hutang kepada negara-negara yang haus akan infrastruktur.

Melihat Indonesia yang masih berambisi melancarkan proyek-proyek infrastruktur, Rocky khawatir Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal meminta hutang lagi ke China.

"Indonesia belum puas kan itu pasti akan melaju untuk minta hutang. Jadi, 200 triliun itu jumlah yang potensial untuk berlipat ganda," tuturnya.

Oleh karena itu, tambah Rocky, agar Indonesia tak terbelit hutang dengan China, maka pemerintah harus mengurangi ambisi membangun infrastruktur.

"Jadi, selama pemerintah Jokowi masih pamer kesuksesan infrastruktur, selama itu China akan umpankan lagi iming-iming untuk ambil utang lebih besar lagi," ujar Rocky Gerung.

"Dengan akibat yaitu kedaulatan diambil alih," tegasnya. [pikiran-rakyat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close