Tahniah! Pekanbaru-Bangkinang Bakal Tersambung Tol Akhir 2021 - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Tahniah! Pekanbaru-Bangkinang Bakal Tersambung Tol Akhir 2021

Tahniah! Pekanbaru-Bangkinang Bakal Tersambung Tol Akhir 2021   

KONTENISLAM.COM - Konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km ditargetkan rampung pada akhir Desember 2021.

Mengutip keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Rabu (27/10/2021), hingga saat ini progres konstruksi ruas tol ini telah mencapai 75%, sedangkan progres untuk rencana Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang-Exit Tol Bangkinang) sudah mencapai 92%.

"Kita sedang upayakan akhir tahun ini Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat beroperasi," kata Sekretaris BPJT Triono Junoasmono.

Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tol kedua di Provinsi Riau ini akan menghubungkan Riau daratan dan Sumatera Barat yang diharapkan dapat meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antarwilayah.

Tol ini merupakan seksi 6 dari ruas tol Pekanbaru-Padang yang membentang sepanjang 254 km. Seksi lainnya di antaranya seksi 1 Padang-Sicincin 36,15 km, seksi 2 Sicincin-Bukittinggi 38 km, seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh 34 km, seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan 58 km, dan Ssksi 5 Pangkalan-Bangkinang 56 km.


Sebagai informasi, pembangunan jalan bebas hambatan ini menerapkan Teknologi Building Information Modelling (BIM) dari tahap perencanaan hingga tahap konstruksi dan merupakan tol pertama yang menerapkan teknologi ini. Penerapan teknologi BIM ini dapat digunakan dalam memperhitungkan segi volume pekerjaan, biaya, maupun jadwal pelaksanaan agar dapat rampung tepat waktu sehingga semakin lebih efisien. Pembangunan jalan tol tersebut juga bekerjasama dengan kontraktor pelaksana PT Hutama Karya Infrastruktur.

Salah satu wujud nyata yang diberikan dalam memberikan nilai tambah tersebut yakni dengan melibatkan para pengusaha lokal menjadi vendor, supplier dan subkontraktor yang berkualitas sejak awal pembangunan. Dari seluruh vendor, supplier dan sub-kontraktor yang dilibatkan dalam pembangunan ini, 30% di antaranya adalah pengusaha setempat yang berdomisili di Provinsi Riau.

Beberapa cakupan pekerjaan yang dikerjakan oleh rekanan lokal di proyek Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang antara lain yakni pekerjaan tanah, material agregat, beton ready mix hingga beton precast.(detik)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close