Anwar Abbas Jelaskan Logika Sesat di Balik Ramai 'Minta Indonesia Bubar' - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anwar Abbas Jelaskan Logika Sesat di Balik Ramai 'Minta Indonesia Bubar'

Anwar Abbas Beri Penjelasan Logika Sesat di Balik Ramai 'Minta Indonesia Bubar' 

KONTENISLAM.COM - Pernyataan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, di salah satu akun YouTube yang kemudian diviralkan seolah-olah meminta Indonesia dibubarkan ramai dibahas di media sosial.

Anwar menegaskan dirinya bukan bermaksud benar-benar meminta Indonesia bubar tetapi melawan logika sesat dampak dari seruan 'Bubarkan MUI'.

"Intinya kita kalau mau menangkap seekor tikus jangan lumbung padinya yang dibakar (ada anggota komisi fatwa di duga teroris lalu mereka minta MUI-nya dibubarkan). Dan kalau logika itu diperturutkan maka jika di negeri ini ada kelompok teroris maka negara republik Indonesia ini tentunya harus di bumihanguskan.

Logika seperti itu tentu jelas tidak benar. Karena logika itu menurut saya jelas salah karena menyesatkan. Oleh karena itu harus ditolak," kata Anwar kepada wartawan, Jumat (19/11/2021).

Anwar lantas menjelaskan lebih rinci mengenai maksud pernyataannya.

Dia mengumpamakan logika sesat 'Bubarkan MUI' dengan membakar lumbung padi karena ada seekor tikus.

"Jadi ada anggota komisi fatwa MUI yang diduga teroris dan sudah ditangkap Densus. Jumlah pengurus MUI dengan pimpinan, dengan badan dan lembaga itu sekitar 1.000 ya. Ada 1 ditangkap.

Lalu mereka minta supaya MUI dibubarkan, jadi logikanya karena ada satu orang, anggota komisi fatwa yang terlibat diduga terorisme. Maka mereka minta MUI dbubarkan. Karena mereka ingin menangkap seekor tikus, lalu lumbung padinya dibakar," ujar Anwar.

"Logikanya ya. Sekarang pertanyaan saya, si individu ini kan bagian dari MUI ya. Sekarang kita bicara tentang bangsa dan negara, di negeri ini ada kelompok teroris, kita ingin menghabisi kelompok teroris ini kan ya, itu bagaimana caranya karena dia ada di dalam negara republik Indonesia, maka tentu negaranya dibubarkan juga, logikanya," sambung Anwar.

Anwar menegaskan justru logika sesat itulah yang dia tentang. Dia menegaskan tentu tidak setuju Indonesia bubar.

"Pertanyaan saya kalau saya perturutkan logika yang menuntut MUI supaya dibubarkan karena ada anggota MUI terindikasi teroris. Maka pertanyaan saya jika di negeri ini ada kelompok teroris, maka implikasi logisnya adalah ya karena kita harus memusnahkannya maka negara Indonesia harus dibubarkan. Maka saya bilang, setuju nggak pandangan Indonesia dibubarkan? Ya mana setuju saya," ujar Anwar.

Anwar mengatakan dirinya hanya bermaksud untuk mengonter logika sesat 'Bubarkan MUI.

Namun, kata Anwar, ada sejumlah pihak yang tidak memahami maksud dari pernyataannya itu.

"Kenapa nggak setuju? karena logikanya ga bener, masa mau menangkap seekor tikus lalu lumbung padinya dibakar, atau rumahnya dibakar. Masa mau menumpas satu kelompok teroris, lalu negara republik Indonesia dibubarkan. Logika itu, saya mengcounter logika mereka. Itu yang tidak dipahami," ujar Anwar. [Sumber: detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close