APLIKASI “PENGANTIN TEMPO” - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APLIKASI “PENGANTIN TEMPO”

 

KONTENISLAM.COM - Oleh: Ibnu Zaini Atmasan

Ini merupakan salah satu aplikasi yang sedang ramai. Nama aplikasinya sama dengan nama majalah di Indonesia: Tempo. Tapi ini bukan aplikasi buatan Indonesia. Entah buatan pengembang China, Hongkong atau entah mana. Saya sudah cari tahu asalnya, tapi belum saya temukan informasi itu. Dengan aplikasi ini kita bisa “menempel” wajah kita ke video wajah orang lain (template videonya sudah disediakan oleh aplikasi ini, termasuk adegan rias pengantin).

Aplikasi ini cukup mengejutkan karena hasil tempelan wajahnya (dalam beberapa kasus) terlihat sangat realistis. Dengan bantuan AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan). Jauh lebih bagus dari aplikasi serupa yang telah lama. Pengguna juga sepertinya merasa senang karena ada beautification dalam prosesnya. Yang lebih mengejutkan, awalnya saya kira untuk mendapat hasil sebagus itu, pengguna harus pindah wajah seperti saat daftar face recognition atau face ID, ternyata tidak. Hanya cukup upload 1 foto saja 😲

Melihat ini, kita mungkin kagum dengan perkembangan teknologi, sekaligus merasa kengerian menyeruak. Teknologi face swap (tukar wajah) memang telah lama jadi kontroversi termasuk peluangnya digunakan untuk membuat video deep fake yang dapat digunakan untuk menyebar hoax atau meracuni masyarakat dengan kepalsuan. Tapi melihat ada aplikasi yang hanya cukup dengan 1 foto saja bisa buat swap face, kerisauan itu bertambah-tambah.

Contoh skenario buruknya adalah orang bisa buat aplikasi dengan teknologi sejenis lalu siapkan “template orang berpidato“, katakanlah mengumumkan perang. Lalu masukan wajah Pak Joko atau Pak Jinping. Atau orang siapkan tamplate videonya berupa pornografi. Dan mereka bisa mengganti wajah pelakunya dengan wajah siapa pun yang foto wajahnya tersedia di internet. Ini cukup mengerikan.

Mungkin sebaiknya kita tidak menampilkan wajah di internet? Sesuatu yang cukup sulit untuk banyak orang zaman sekarang.

(fb)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close