Cerita Pertemuan Ustadz Farid Okbah dengan Soeharto, Jokowi hingga Anies - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Pertemuan Ustadz Farid Okbah dengan Soeharto, Jokowi hingga Anies

Cerita Pertemuan Farid Okbah dengan Soeharto, Jokowi hingga Anies 

KONTENISLAM.COM - Ustaz Farid Okbah pernah bertemu dengan Presiden RI kedua Soeharto. Cerita pertemuan itu diungkap oleh pengacaranya, Ismar Syafruddin.

"Tanggal 20 Maret 1997," ujar Ismar saat dimintai konfirmasi, Sabtu (20/11/2021).

Keduanya bertemu pada momen Rapat Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Soeharto saat itu menemui sejumlah pengurus MUI lainnya, salah satunya Farid Okbah.

"(Dalam rangka) Rapat Kerja Nasional MUI. Beliau masih muda saja kala itu sudah diundang ke Istana Negara sebagai pengurus MUI. Bertemu juga dengan (Wapres RI keenam) Try Sutrisno," tuturnya.

Ismar lalu memamerkan sejumlah pejabat negara lainnya yang ditemui kliennya, di antaranya Wapres RI ke-9 Hamzah Haz, Jusuf Kalla, hingga terakhir dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bertemu dengan Hamzah Haz zaman Megawati, JK dan Jokowi pada 17 Juli 2020," kata Ismar.

Dalam foto, Farid Okbah terlihat bersalaman dengan Soeharto yang berpeci.

Bertemu Anies Baswedan

Foto Farid Okbah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga beredar di media sosial.

Disebutkan, pertemuan mereka terjadi beberapa hari sebelum Farid Okbah akhirnya ditangkap oleh tim dari Densus 88 Antiteror Polri.

"Ketika itu mertua Ustaz Farid meninggal dunia, ternyata Pak AB (Anies Baswedan) bersama ibunya juga hadir di tempat tersebut," terang Ismar.

Ismar mengatakan mertua Ustaz Farid meninggal pada Sabtu (13/11). Kemudian, pada Selasa (16/11), Farid Okbah ditangkap tim Densus 88.

Ismar tidak menyebut alamat rinci rumah duka yang dikunjungi Anies ini.

Dia hanya mengatakan rumah yang dikunjungi Anies itu berada di dekat kantor Kecamatan Jatiasih, Bekasi.

"Dekat kantor Kecamatan Jatiasih. Memang meninggalnya sekitar sepekan lalu sih, sekitar Sabtu kalau nggak salah. Terus Selasa beliau (Farid) ditangkap (Densus)," katanya.

Lebih lanjut Ismar memuji Anies, yang bersedia menyempatkan diri hadir melayat saat mertua Farid meninggal. Menurutnya, Anies selalu menebar kebaikan di segala tempat.

"Justru di situlah beliau memperlihatkan kepekaan. Beliau hadir di segala tempat untuk menebar kebaikan," imbuh Ismar.

Bertemu Jokowi Bahas RUU HIP

Pria yang diduga berperan sebagai sesepuh kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) dan terlibat pendanaan JI itu bertemu Jokowi pada 29 Juni 2020.

Kala itu dia bersama Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) ke Istana Merdeka.

"Tanggal 29 Juni 2020, ketika Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo menerima permohonan audiensi Pengurus Pusat Parmusi di Istana Negara, saya merekomendasikan penuh UFO (Ustaz Farid Okbah) sebagai salah seorang dari enam Pengurus Pusat Parmusi yang diterima Bapak Presiden," ujar Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam dalam keterangannya, Rabu (17/11).

"Saat itu, di hadapan Bapak Presiden, saya mempersilakan langsung kepada UFO untuk menyampaikan poin-poin penting kebijakan Parmusi secara nasional kepada Bapak Presiden yang berdimensi dakwah," sambung Usamah.

Usamah mengatakan saat itu Parmusi menyampaikan sikapnya atas usulan pencabutan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Farid Okbah disebut terlihat senang bisa menyampaikan pandangannya di hadapan Jokowi.

"Kalau ada apa-apa, sampaikan langsung ke Presiden. Beliau senang, bayangkan masuk Istana sampaikan ke Presiden," sambung Usamah.

"Beliau juga menyampaikan beberapa poin, yang ada di Instagram-nya itu. Begitu keluar dari ruangan Presiden, dia langsung bikin postingan Instagram itu. Dia nulis di ruang tunggu, ditulis di Istana, lantaran sebelum ini dia belum pernah bertemu Presiden," terang Usamah.

Usamah kemudian menerangkan sosok Ustaz Farid dalam kepengurusan Parmusi. Dia menyebut, selama di Parmusi, Ustaz Farid on the track.

"Sejak itu Ustaz Farid semakin militan bersama Parmusi dalam membina para dai. Oleh sebab itu, saya agak kaget, sangat kaget karena selama ini interaksi kita di Parmusi memikirkan bagaimana membangun Desa Madani," jelasnya.

"Jadi ndak pernah saya. Memang orangnya bersemangat kalau ceramah, bicara berapi-api. Walaupun kita tidak semuanya tahu kegiatan Ustaz Farid, saya yakin selama berinteraksi dalam lingkup dakwah Parmusi, beliau on the track," sambung Usamah.

Sederet penjabat yang pernah ditemui Farid Okbah antara lain Mendagri Tito Karnavian saat masih menjabat Kapolri dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Hal itu terlihat dari unggahan di akun Instagram Farid Okbah. [Semua: detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close