Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dinikmati di Jawa Timur - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Bisa Dinikmati di Jawa Timur

fenomena Gerhana Bulan Sebagian dari langit Indonesia tahun ini terjadi pada 19 November 

KONTENISLAM.COM - Peristiwa Gerhana Bulan Sebagian dari langit Indonesia tahun ini terjadi pada 19 November. Gerhana Bulan ini merupakan fenomena alam yang jarang terjadi.

Gerhana bulan sebagian akan terjadi, Jumat (19/11/2021). Sejumlah wilayah Jawa Timur juga bisa mengamati gerhana ini. Namun, gerhana bulan sebagian hanya bisa diamati di fase-fase tertentu.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan dari data yang diperolehnya Stasiun Geofisika, menyebut total durasi gerhana bulan sederhana ini mencapai 6 jam 5 menit 7 detik.

Sedangkan durasi dimulainya fase gerhana sebagian hingga gerhana sebagian berakhir yakni 3 jam 29 menit.

"Hanya sebagian fase Gerhana Bulan Sebagian bisa teramati di Indonesia, yakni akhir dari fase gerhana sebagian dan gerhana bulan penumbra (Bayangan kabur saat gerhana)," kata Teguh di Surabaya, Rabu (17/11/2021).
 
Teguh menambahkan warga Jatim bisa mengamati gerhana ini di beberapa waktu tertentu. Sementara untuk puncak gerhana hanya bisa diamati di Manokwari dan Jayapura.

"Warga Jatim bisa mengamati gerhana bulan sebagian saat mulai bulan terbit, menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian, hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," papar Teguh.

Sedangkan warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati gerhana bulan sederhana saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB atau menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB.

"Stasiun Geofisika Malang akan melakukan pengamatan gerhana bulan sebagian di halaman Kantor Stasiun Geofisika Malang," tambah Teguh.[DETIK]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close