Heran FPI Ingin Dirikan NKRI Bersyariah, Gus Yaqut: Negara Sudah Fasilitasi Kepentingan Umat, Kurang Islam Apa Coba? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Heran FPI Ingin Dirikan NKRI Bersyariah, Gus Yaqut: Negara Sudah Fasilitasi Kepentingan Umat, Kurang Islam Apa Coba?

Heran FPI Ingin Dirikan NKRI Bersyariah, Gus Yaqut: Negara Sudah Fasilitasi Kepentingan Umat, Kurang Islam Apa Coba? 

KONTENISLAM.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut heran dengan tujuan ormas Front Pembela Islam (FPI) yang disebutnya ingin mewujudkan NKRI Bersyariah.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut di acara podcast Deddy Corbuzier yang tayang pada 2 November 2021.

Gus Yaqut menyebutkan itu ketika berbicara soal adanya pihak yang memiliki ide mengubah dasar negara Indonesia.

"Misalnya kalau FPI, di AD/ART mereka jelas ingin mendirikan NKRI Bersyariah. Ini, kan, jelas berbeda dengan NKRI yang menjadi konsensus," kata Gus Yaqut.

"NKRI yang menjadi konsensus kita ya NKRI yang seperti sekarang ini. NKRI yang tidak harus ada embel-embel syariah," sebutnya menambahkan.

Penjelasan Gus Yaqut kemudian dikritisi oleh Deddy Corbuzier. "Kalau mereka bilang untuk menyempurnakan?" ucap Deddy Corbuzier.

"Menyempurnakan apa? Apa sekarang yang perlu disempurnakan dari republik yang luar biasa ini?" kata Gus Yaqut menjawab.

Jika yang dimaksud adalah menyempurnakan Islam, maka, kata Gus Yaqut, negara saat ini sudah amat memfasilitasi kepentingan umat Islam.

"Islam, katakan begitu ya. Haji diurus sama negara, kurang Islam apa? Apa yang gak diurus negara amaliah Islam? Haji diurus negara, umrah diurus negara, masjid diurus negara. Kurang Islam apa Indonesia ini? Kenapa harus ada kata 'syariah'?" ucap Gus Yaqut.

Gus Yaqut kemudian menegaskan bahwa perintah Allah SWT kepada manusia bukan mendirikan negara Islam melainkan menciptakan masyarakat islami.

"Emang Allah butuh negara? Allah gak butuh negara, Allah sudah punya alam semesta. Tapi Allah memerintahkan ciptakan masyarakat yang islami," ujarnya.

Masyarakat islami, kata Gus Yaqut, adalah masyarakat yang penuh kasih sayang, disiplin, tertib.

"Itu sifat islami. Karena Allah gak butuh negara. Kalau Allah butuh negara, nanti Allah juga butuh kabupaten, kecamatan," ucap Gus Yaqut berseloroh.

Ormas FPI sudah dibubarkan pemerintah pada 30 Desember 2020. Pembubaran itu melarang FPI berkegiatan dan menggunakan simbol serta atribut organisasi. [pikiranrakyat]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close