Ini Faktor Jokowi Belum Sepenuhnya Pede Ekonomi Indonesia Stabil Tahun Depan

Ini Faktor Jokowi Belum Sepenuhnya Pede Ekonomi Indonesia Stabil Tahun Depan 

KONTENISLAM.COM - Perbaikan kondisi pandemi Covid-19 di dalam negeri, dinyatakan Presiden Joko Widodo, berjalan beriringan dengan kondisi perekonomian nasional yang mulai bangkit.

Jokowi menuturkan, terdapat sejumlah indikator yang bisa menunjukkan perekonomian Indonesia sudah kembali normal seperti sebelum masa pandemi Covid-19.
 
"Kalau kita lihat di urusan konsumsi, indeks keyakinan konsumen sudah kembali pada posisi normal kembali seperti sebelum pandemi," ujar Jokowi dalam saat memberikan arahan pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2021 di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (24/11).

Selain konsumsi dan indeks keyakinan konsumen yang meningkat, Jokowi menyebutkan sektor retail and sales index juga sudah mulai merangkak naik seiring dengan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sedangkan berdasarkan laporan Kementerian Keuangan, Jokowi menerima laporan capaian pajak, bea dan cukai kembali meningkat. Namun, Jokowi masih mengkhawatirkan faktor eksternal yang membuatnya belum sepenuhnya percaya diri ekonomi nasional akan stabil pada tahun depan.

"Pajak sangat baik, bea dan cukai juga sangat baik, PNPB juga sudah lebih dari 100 persen, ini baik semuanya. Tumbuh 18,2 (persen) YoY, angka yang sangat besar sekali," kata mantan Walikota Solo ini.

"Tapi sekali lagi, ketidakpastian itu selalu mengintip, hati-hati. Kita tetap optimistis tapi tetap harus hati-hati," demikian Jokowi. (RMOL)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close