Jauh Sebelum Era Belajar Online Sekarang, Ternyata Pak Harto Sudah Mengenalkan - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jauh Sebelum Era Belajar Online Sekarang, Ternyata Pak Harto Sudah Mengenalkan

 

KONTENISLAM.COM - Oleh: Armansyah

Jauh sebelum pandemi melanda dan memaksa pembelajaran dilakukan secara online di masa sekarang, Orde Baru pernah membuat pembelajaran interaktif jarak jauh. Diatas adalah salah satu potongan video seorang siswa SMP sedang melakukan tanya jawab bersama Presiden Soeharto melalui sambungan video dan suara.

Pada video itu juga terlihat Soeharto berkomunikasi dengan sebuah mic dan menghadap ke sebuah layar besar yang menampilkan anak SMP yang mengajukan pertanyaan. Nampak juga Presiden Soeharto ditemani oleh Siti Hartinah (Bu Tien).
 
Video ini tidak diketahui tepatnya diambil pada tanggal dan tahun berapa. Namun memang pada 1980-an Indonesia memang sempat mengembangkan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan transponder. Transporder sendiri adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menangkap, mengirimkan dan memperkuat sinyal dalam frekuensi tertentu pada satelit Palapa milik Perumtel (sekarang Telkom Indonesia).

"Apakah penangkapan pelajaran dari gambarnya saja atau dari suaranya daripada penjelasannya?" tanya Soeharto.

Siswa itu pun menjawab jika pembelajaran jarak jauh yang ia dapat memperlihatkan suara dan gambar. Jadi para siswa dapat memperhatikan keduanya.

Soeharto juga menyarankan bahwa keberhasilan metode semacam itu juga bergantung pada ketekunan siswa yang menjalankannya. Ia juga menegaskan bahwa metode pembelajaran semacam itu membutuhkan biaya yang tidak murah dan persiapan yang tidak mudah.

Ternyata sejak dahulu, Orde Baru sudah menebak bagaimana masa depan pembelajaran yang terus berkembang. Bahkan akan adanya kelas tanpa perlu kehadiran siswa dan guru di satu ruangan bersama bisa saja dilakukan. Dan semua itu terbukti di masa sekarang dimana pembelajaran bisa dilakukan lewat media whatsapp, zoom, google meet, microsoft teams atau lainnya.

[VIDEO]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close