Jokowi Bicara Potensi Besar Transformasi RI Jadi Negara Industri Berpengaruh - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Jokowi Bicara Potensi Besar Transformasi RI Jadi Negara Industri Berpengaruh

Kata Jokowi: Indonesia Punya Potensi Besar Transformasi Jadi Negara Industri Berpengaruh 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh elemen berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai negara industri berpengaruh di dunia.

Jokowi menekankan kolaborasi perguruan tinggi dengan sektor industri dan masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam kegiatan webinar kebangsaan dan dies natalis 15 tahun Universitas Multimedia Nusantara yang disiarkan virtual, Kamis (25/11/2021).

Jokowi awalnya berbicara mengenai dunia yang penuh disrupsi dan berdampak terhadap pekerjaan baru.

"Oleh karena itu, materi dan metode pembelajaran harus selalu di-update, harus diperbaharui sesuai dengan perkembangan zaman," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan perspektif technopreuner sangat penting di era disrupsi ini.

Mahasiswa dilatih untuk memecahkan masalah sosial dan kemanusiaan dengan memanfaatkan teknologi secara inovatif serta berkewirausahaan dengan perspektif ramah lingkungan.

"Pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi yang berwawasan kewirausahaan dan berkelanjutan adalah kunci untuk menjadi negara maju. Kita harus secepatnya keluar dari jebakan negara pengekspor bahan mentah dan secepatnya memperkokoh indrustrialisasi hijau, memanfaatkan green technology," ujar Jokowi.

"Langkah pembangunan kita harus memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi perekonomian nasional, menciptakan lapangan kerja yang semakin banyak menurunkan angka pengangguran dan juga sekaligus menekan angka kemiskinan," sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan pekerjaan besar ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Dia mengajak seluruh elemen berkontribusi.

"Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan industri dan masyarakat luas menjadi sangatlah penting. Kita butuh para peneliti dan ilmuwan hebat, tetapi kita butuh para entrepreneur, para technopreneur yang sangat banyak, yang merintis diri menjadi industriawan hebat dan menjadikan Indonesia menjadi negara industri yang berpengaruh," ujar Jokowi.

Jokowi meminta perguruan tinggi di Indonesia serius mewujudkan cita-cita itu.

Dia bicara potensi mahasiswa Indonesia dalam proses transformasi Indonesia.

"Saya berharap perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk semakin serius bergerak ke arah ini. Dengan jumlah mahasiswa di Indonesia yang sekitar 8 juta orang akan menjadi kekuatan besar untuk menggerakkan transformasi Indonesia, menjadikan Indonesia negara industri yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan, menjadi Indonesia maju yang kita cita-citakan," ujar Jokowi. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close