Jokowi Tanya Fahri Hamzah: Mas Kenapa Sekarang Oposisinya Lemah? - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Jokowi Tanya Fahri Hamzah: Mas Kenapa Sekarang Oposisinya Lemah?

 

KONTENISLAM.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengaku pernah dicurhati Presiden Joko Widodo soal oposisi di Senayan lemah. Fahri menyebut perbincangan itu terjadi saat dirinya bertemu dengan Jokowi.

Jokowi, kata Fahri, heran oposisi tidak mengontrol kinerja pemerintahan.

"Suatu hari saya bertemu dengan presiden @jokowi dan kalimat yang pertama keluar dari belia adalah, "mas kenapa sekarang oposisinya lemah kok Senayan pada diam, banyak menteri gak diawasi apa yang terjadi?"cuit Fahri Hamzah dalam akun Twitter @Fahrihamzah, Rabu (3/11/2021).

Fahri tak membeberkan jawaban dirinya atas ucapan Jokowi tersebut.

"Silahkan pikir sendiri jawabannya. Sampai jumpa, kita rehat sejedag," lanjut Fahri menirukan gaya Karni Ilyas.

Fahri Hamzah menyampaikan dalam sistem pemerintahan presidensial Indonesia, oposisi diperankan oleh DPR dan DPD.

Dia mengingatkan tugas anggota legislatif di kedua lembaga itu adalah pengawasan terhadap eksekutif. Tugas anggota DPR ini tidak terikat dengan partai. Walaupun partai ikut koalisi dengan pemerintah tapi semua anggota DPR memiliki tanggungjawab sebagai kontrol terhadap pemerintah.

"Tapi yang saya sayangkan sekarang nampaknya legislatif sebagai pengawas atau artinya oposisi, kurang mengorganisir diri dalam kerja kerja inti pengawasan. Mereka lebih nampak sibuk melakukan tugas-tugas lain terutama bansos (memberi bantuan ke masyarakat -red)! Itu bukan kerja oposisi! Itu keliru!" ucap Fahri.

Fahri merasa wajar jika publik menilai oposisi bersekongkol dengan pemerintah. Ia menilai banyak kebijakan yang lewat begitu saja tanpa pengawasan oposisi.

"Fenomena ini agak mengkhawatirkan mengingat usia dari pemerintahan eksekutif masih cukup panjang. Dan sebagai bagian dari hukum alam dalam sistem ini, begitu pengawasan legislatif lemah, penyimpangan pasti merajalela. Ini dosa siapa? Ini dosa #OposisiPlangaPlongo," ujarnya.

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close