Bentuk Front Persatuan Anti-China, Menlu AS Kunjungi Indonesia, Malaysia dan Thailand

Bentuk Front Persatuan Anti-China, Menlu AS Kunjungi Indonesia, Malaysia dan Thailand 

KONTENISLAM.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dijadwalkan untuk melakukan tur Asia Tenggara mulai Senin (13/12). Indonesia, Malaysia, dan Thailand menjadi daftar negara yang dikunjunginya.

Dikutip dari Reuters tujuan tur Blinken ke Asia Tenggara untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dan keamanan, serta membentuk front persatuan melawan China di Indo-Pasifik.

Itu merupakan kunjungan Blinken ke Asia Tenggara untuk pertama kalinya sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari.

Asia Tenggara telah menjadi medan pertempuran strategis antara Amerika Serikat dan China, dua ekonomi terbesar dunia.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, rute perdagangan vital yang menghubungkan kawasan itu, dan telah meningkatkan tekanan militer dan politik terhadap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dianggap Beijing miliknya.

Menurut diplomat top AS untuk Asia Daniel Kritenbrink, Blinken akan meningkatkan keterlibatan dengan ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan fokus pada penguatan infrastruktur keamanan regional dalam menghadapi intimidasi China dan kerangka ekonomi Indo-Pasifik.

Kritenbrink menyebut, pemerintahan Biden melihat Asia Tenggara sebagai hal penting dalam upayanya untuk melawan kekuatan China yang sedang tumbuh. Kendati begitu, pengaruh AS khususnya dalam ekonomi berkurang ketika Presiden Donald Trump mengeluarkan Washington dari Trans Pacific Partnership (TPP) pada 2017.

Pemerintah belum menjelaskan apa sebenarnya kerangka ekonomi yang dibayangkan Biden, meskipun Kritenbrink mengatakan akan fokus pada fasilitasi perdagangan, ekonomi digital, ketahanan rantai pasokan, infrastruktur, energi bersih, dan standar pekerja. [rmol]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close