Capres Filipina Siap Kerja Sama dengan Indonesia untuk Menghadang Klaim China di LCS - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Capres Filipina Siap Kerja Sama dengan Indonesia untuk Menghadang Klaim China di LCS

 Capres Filipina Siap Kerja Sama dengan Indonesia untuk Menghadang Klaim China di LCS 

KONTENISLAM.COM -  Salah satu kandidat Presiden Filipina yang saat ini menjabat sebagai Walikota Manila, Francisco Domagoso, berjanji untuk meningkatkan kekuatan angkatan laut negara itu di tengah klaim maritim China yang meluas di Laut China Selatan.

Pernyataan calon presiden yang dikenal dengan panggilan Isko Moreno itu disampaikan dalam sebuah wawancara bersama Kyodo News pada Jumat pekan lalu.

“Saya akan membeli lebih banyak kapal dan sumber daya dan memperkuat angkatan laut kita dan penjaga pantai kita di pesisir barat yang menghadap perairan yang disengketakan,” ujarnya, seperti dikutip dari Bangkok Post, Senin (13/12).

Dalam wawancara tersebut Domagoso juga bersumpah tidak akan mengijinkan segala bentuk intimidasi yang dilakukan oleh negara asing ke Filipina.

“Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa kita sedang memperjuangkannya dengan cara yang sangat beradab tetapi tegas,” katanya.

Domagoso juga mengatakan bahwa dirinya akan meminta pihak lain dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut untuk mendukung Filipina dalam menegaskan keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen 2016 yang membatalkan klaim historis China atas sebagian besar Laut China Selatan.

Mengenai kebijakan perdagangan, walikota berusia 47 tahun, yang merupakan kandidat ketiga yang paling disukai dalam pemilihan presiden menurut survei September Pulse Asia, mengatakan bahwa dirinya bersedia untuk masuk ke dalam ‘set hubungan baru’ dengan Jepang, China, Indonesia dan Thailand, dalam upaya untuk menciptakan lebih banyak pekerjaan domestik dan menghidupkan kembali ekonomi Filipina yang lesu akibat Covid-19. [rmol]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close