Cerita Luhut Izinkan Banyak TKA China Masuk Indonesia: Banyak Yang Bully Saya

Daftar Isi

 Cerita Luhut Izinkan Banyak TKA China Masuk Indonesia: Banyak Yang Bully Saya 

KONTENISLAM.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa Indonesia tengah berupaya melakukan lompatan di sektor teknologi. Misalnya dalam hal hilirisasi mineral.

Untuk melakukan lompatan ini, kata Luhut, Indonesia membutuhkan transfer teknologi dari negara lain.

Karena itu, Luhut mengizinkan tenaga kerja asing (TKA) China masuk untuk membangun smelter di Indonesia. Gara-gara kebijakan itu, Luhut mengaku dibully.

"Indonesia bisa melakukan leap frog di banyak sektor teknologi ke depan, dan itu perjuangan yang tidak mudah, karena waktu awal-awal kita minta Tiongkok untuk masuk dengan teknologi transfer dan banyak mereka kerja di sini.

Banyak yang membully saya telah memberikan kesempatan kepada orang asing," ungkap Luhut dalam webinar Bisnis Indonesia Business Challenges - Arah Bisnis 2022: Momentum Kebangkitan Ekonomi, Rabu (15/12).

Menurut Luhut, Indonesia harus membuka pintu untuk TKA bila di tahap-tahap awal sebelum berhasil menguasai teknologi. Itu langkah yang tidak terhindarkan.

Setelah smelter berdiri, perlahan TKA China digantikan oleh pekerja lokal. Kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal pun meningkat karena pelatihan yang baik.

"Jangan kita lupa, kalau kita mau melakukan leap frog kita harus mau ngalah. Sekarang setelah dia masuk selama 5-6 tahun, sekarang anda lihat keadaan pabrik itu, banyak yang anak-anak Indonesia yang sudah kerja karena banyak politeknik juga di sana.

Dan malah kualitasnya lebih baik daripada politeknik di Jawa karena mereka langsung attach ke industri, itu tidak pernah kita pikirkan, dan kita baru sadar kualitas anak SMA SMP juga tidak bermutu, makanya kita perbaiki," tuturnya. [kumparan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam