Citra Satelit dan Intelijen AS Ungkap Arab Saudi Buat Teknologi Rudal Balistik dengan Bantuan China - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Citra Satelit dan Intelijen AS Ungkap Arab Saudi Buat Teknologi Rudal Balistik dengan Bantuan China

Citra Satelit dan Intelijen AS Ungkap Arab Saudi Buat Teknologi Rudal Balistik dengan Bantuan China 

KONTENISLAM.COM - Badan intelijen Amerika Serikat mengungkap Arab Saudi secara aktif memproduksi teknologi rudal balistik dengan bantuan China.

Melansir CNN, menurut tiga sumber intelijen, Arab Saudi diketahui telah membeli teknologi rudal balistik dari China, tetapi tidak pernah mampu membangunnya sendiri.

Gambar satelit yang diperoleh CNN menunjukkan bahwa Kerajaan sedang memproduksi senjata di satu lokasi.

Foto satelit yang diambil oleh Planet, sebuah perusahaan pencitraan komersial, antara 26 Oktober dan 9 November menunjukkan operasi pembakaran terjadi di fasilitas dekat Dawadmi, Arab Saudi.

6 Oktober 2021 ini, citra satelit milik Planet Labs PBC dan Middlebury Institute of International Studies dilaporkan menunjukkan pembakaran bahan bakar padat di sebuah situs dekat Dawadmi, Arab Saudi. Badan-badan intelijen AS telah menilai bahwa Arab Saudi sekarang secara aktif memproduksi rudal balistik dengan bantuan China, media AS melaporkan pada 23 Desember 2021. Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa Saudi sedang membuat rudal balistik di situs yang sebelumnya dibangun dengan bantuan China, menurut para ahli. di lembaga dan sumber yang mengkonfirmasi kemajuan yang konsisten dengan penilaian intelijen AS terbaru.

Para peneliti di Middlebury Institute of International Studies mengatakan kepada CNN bahwa ini adalah bukti konkret fasilitas tersebut beroperasi untuk memproduksi rudal.

"Bukti kuncinya adalah bahwa fasilitas tersebut mengoperasikan 'lubang pembakaran' untuk membuang sisa propelan padat dari produksi rudal balistik," kata Jeffrey Lewis, seorang ahli senjata dan profesor di Institut Studi Internasional Middlebury yang meninjau laporan tersebut.

"Operasi pembakaran merupakan tanda kuat bahwa fasilitas tersebut secara aktif melakukan casting. motor roket padat," tambahnya.

Namun, sedikit yang diketahui tentang rudal balistik yang sedang dibangun Arab Saudi di situs ini, termasuk detail penting seperti jangkauan dan muatan.

2 November 2021 ini, citra satelit milik Planet Labs PBC dan Middlebury Institute of International Studies dilaporkan menunjukkan lokasi uji bahan bakar dan produksi padat di dekat Dawadmi, Arab Saudi. Badan-badan intelijen AS telah menilai bahwa Arab Saudi sekarang secara aktif memproduksi rudal balistik dengan bantuan China, media AS melaporkan pada 23 Desember 2021. Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa Saudi sedang membuat rudal balistik di situs yang sebelumnya dibangun dengan bantuan China, menurut para ahli. di lembaga dan sumber yang mengkonfirmasi kemajuan yang konsisten dengan penilaian intelijen AS terbaru.

Mengingat fasilitas tersebut dibangun dengan bantuan China, ada kemungkinan bahwa rudal yang diproduksi di sana adalah desain China, menurut Lewis.

Namun, ada juga bukti bahwa Arab Saudi telah meminta bantuan negara lain untuk mengembangkan program rudal balistik dalam beberapa tahun terakhir, sehingga sulit untuk mengidentifikasi dengan tepat sistem senjata mana yang sedang dibangun Kerajaan di fasilitas ini, kata Lewis.

Dewan Keamanan Nasional di Gedung Putih, telah diberi pengarahan dalam beberapa bulan terakhir tentang intelijen rahasia yang mengungkapkan beberapa transfer skala besar teknologi rudal balistik sensitif antara China dan Arab Saudi, menurut dua sumber yang mengetahui berita terbaru. penilaian.

Pemerintahan Presiden Joe Biden sekarang didesak dengan petanyaan apakah kemajuan rudal balistik Saudi dapat mengubah dinamika kekuatan regional dan memperumit upaya kesepakatan nuklir dengan Iran.

Iran dan Arab Saudi adalah musuh bebuyutan.

Teheran juga enggan berhenti membuat rudal balistik jika Arab Saudi mulai memproduksi sendiri.

Menurut Lewis saat ini perhatian dunia difokuskan pada program rudal balistik Iran.

"Pengembang Arab Saudi dan produksi rudal balistiknya belum mendapat tingkat pengawasan yang sama," katanya.

"Produksi rudal balistik dalam negeri oleh Arab Saudi menunjukkan bahwa setiap upaya diplomatik untuk mengendalikan proliferasi rudal perlu melibatkan aktor regional lainnya, seperti Arab Saudi dan Israel, yang memproduksi rudal balistik mereka sendiri,” tambah Lewis.[tribunnews]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close