Fakta-fakta 2 Kasus Baru Omicron yang Terdeteksi di RI

3D ILLUSTRATION VIRUS WITH Indonesia FLAG, CORONAVIRUS, Flu coronavirus floating, micro view, pandemic virus infection, asian flu. 

KONTENISLAM.COM - Indonesia kembali melaporkan temuan kasus varian Omicron pada Sabtu (18/12/2021). Kali ini, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengkonfirmasi adanya dua kasus baru, yang artinya sudah ada tiga kasus Omicron di Indonesia.

Sebelumnya, pada Kamis (16/12/2021) Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melaporkan kasus pertama Omicron yang terdeteksi di Indonesia. Kasus itu ditemukan pada petugas kebersihan Wisma Atlet yang tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri dan tidak mengalami gejala khas COVID-19.

"Petugas pembersih ini tidak memiliki history perjalanan ke luar negeri. Tapi kita belajar dari Hong Kong memang terjadi juga seperti itu, jadi karena dia melayani pasien, akibatnya dia tertular," beber Menkes Budi dalam konferensi pers Kamis (16/12/2021).

"Orang ini tanpa gejala dan mereka masih sehat, tidak ada batuk, tidak ada demam," lanjutnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut detikcom rangkum beberapa fakta dari dua kasus baru varian Omicron ini.
 
Kronologi temuan kasus

Awalnya, kedua pasien ini menjalani karantina wajib setelah kembali dari luar negeri selama 10 hari. Namun, saat menjalani karantina mereka dikonfirmasi positif terinfeksi varian Omicron.

Temuan kasus baru varian Omicron ini didapat dari hasil pemeriksaan 5 sample kasus probable Omicron yang baru kembali dari luar negeri.

Termasuk kasus impor

Berdasarkan keterangan resmi Kemenkes, juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan dua kasus baru varian Omicron ini baru kembali dari luar negeri. Satu kasus dari Amerika Selatan dan satu lainnya dari Inggris.

"Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet," ungkap dr Nadia seperti dikutip dari laman Kemenkes RI, Sabtu (18/12/2021).

Gejala yang dialami

Terkait kondisi kedua pasien, dr Nadia mengatakan mereka baik-baik saja dan tidak mengalami gejala atau asimtomatik. Hingga kini, kedua pasien kasus Omicron ini sudah diisolasi di Wisma Atlet.

"Tidak bergejala dan sudah isolasi di Wisma Atlet karena kan PCR-nya kemarin positif," ungkap Nadia pada detikcom, Sabtu (18/12/2021).[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close