Groundbreaking Kawasan Industri Hijau, Jokowi Janji Bakal Serap 100 Ribu Tenaga Kerja - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Groundbreaking Kawasan Industri Hijau, Jokowi Janji Bakal Serap 100 Ribu Tenaga Kerja

Groundbreaking Kawasan Industri Hijau, Jokowi Janji Bakal Serap 100 Ribu Tenaga Kerja 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek kawasan industri hijau Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pada Selasa (21/12).

Jokowi mengatakan, proyek ini merupakan bagian dari transformasi ekonomi Indonesia dengan memperkuat hilirisasi sumber daya alam serta industrialisasi bahan-bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi.

“Yang diekspor bukan hanya bahan mentah lagi, yang diekspor bukan raw material lagi, tapi adalah barang setengah jadi atau barang jadi, dan yang di Kalimantan Utara ini adalah hampir semuanya barang jadi,” kata Presiden Jokowi saat groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia di Bulungan, Selasa (21/12).

Jokowi juga mengatakan dalam masa konstruksi proyek ini nantinya akan menyerap kurang lebih 100 ribu tenaga kerja.

Angka itu menurutnya masih di kawasan operasional proyek saja, belum penyerapan tenaga kerja dari kegiatan produksi yang diciptakan dari turunan produksinya.

“Belum anak cucu turunan dari produk yang dihasilkan itu 60 ribu (tenaga kerja), perkiraan saya lebih dari 200 ribu (tenaga kerja) plus anak cucu turunan dari produk-produk yang dihasilkan,” lanjut Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta jajaran menterinya serta gubernur dan bupati mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat mendukung kawasan industri tersebut.

“Karena ini membutuhkan SDM-SDM yang memiliki kualifikasi yang baik, siapkan mulai dari sekarang,” tegas Jokowi. [kumparan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close