Guru Besar ITS: Ibu Kota Negara Baru Menambah Daftar Kota Hantu Baru

Guru Besar ITS: Ibu Kota Negara Baru Menambah Daftar Kota Hantu Baru 

KONTENISLAM.COM - Ibu kota Negara (IKN) dikhawatirkan menambah daftar kota hantu baru di Indonesia.

“Saya khawatir IKN baru di Kaltim itu akan menambah daftar kota hantu baru. Hanya para hantu yang cukup berani untuk datang ke Kota Hantu,” kata Guru Besar ITS Prof Daniel Mohammad Rosyid dalam artikel berjudul “Ibu Kota Hantu?”

IKN baru dikhawatirkan menjadi kota hantu, kata Daniel disebabkan salah satu pengembang terbesar China, yaitu Evergrande telah mengalami gagal bayar dan memicu kemarahan para investornya. Ini telah merembet ke Indonesia.

Kata Daniel, kebutuhan properti di Indonesia telah menurun sebelum pandemi dan makin turun selama pandemi.

“Sudah banyak ditemukan apartemen-apartemen dan mal-mal hantu serta rumah-rumah hantu. Banyak hotel-hotel berbintang dijual, juga rumah-rumah mewah di kota-kota besar,” jelasnya.

Di samping itu, setiap investasi publik hanya akan value for money jika birokrasinya bersih dan operatornya kompeten.

“Setahu saya birokrat dan operator hantu tidak memenuhi kualifikasi itu. Jika ini yang terjadi maka investasi besar itu hanya akan value for ghost monkeys yang sekarang banyak menghuni hutan beton di Jakarta,” paparnya.

Secara teknikal, kata Daniel, kawasan IKN baru itu terancam bahaya laten kekurangan air bersih.

Secara geoteknik, jaringan jalan dan bangunan-bangunan beton maupun baja yang akan dirancangbangun di atas kawasan gambut itu memerlukan rekayasa pondasi yang lebih mahal.

“Pasokan listrik memerlukan pembangkit baru yang situasinya kini justru over supply. Di samping sebagai lingkungan fisik, ibu kota negara adalah lingkungan sosio-kultur yang penting.

Aspek ini yang dilupakan sama sekali oleh rencana IKN baru ini. Jakarta menyimpan nilai sentimental yang tak tergantikan. Marwah sejarah itu tidak ada di hutan Kalimantan Timur,” pungkasnya. [/SuaraNasional]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close