Jokowi: Bela Negara Tak Harus Perang, Bisa Lewat Politik dan Diplomasi

Jokowi: Bela Negara Tak Harus Perang, Bisa Lewat Politik dan Diplomasi 

KONTENISLAM.COM - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tugas bela negara tak hanya menjadi menjadi beban TNI dan Polri semata.

Ia memastikan kewajiban itu juga turut dipikul oleh seluruh warga Indonesia selaku komponen bangsa.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan langsung oleh Menteri Pertahanan (menhan) Prabowo Subianto dalam peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 di Kemhan, Jakarta, Minggu (19/12).

"Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata. Namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa," ujar Prabowo saat membacakan amanat Presiden Jokowi, Minggu (19/12).

Bela negara sendiri, menurut Jokowi, merupakan tekad, sikap, perilaku, serta tindakan seluruh warga negara baik perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.

Seluruh tindakan tersebut, menurutnya dilakukan oleh warga negara yang didasarkan atas kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Nilai-nilai dasar bela negara tersebut adalah cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; serta kemampuan awal bela negara. Implementasi dari 5 (lima) nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan," ucap Jokowi.

Tidak hanya dalam perang, bentuk bela negara yang dimaksud Jokowi itu dapat dilakukan siapa saja dengan berbekal keahlian dan keterampilan yang mereka miliki dari profesi mereka masing-masing.

"Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa. Pembentukan ini berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh-puluh tahun lalu dengan semangat bela negara. Membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang, tetapi juga dilakukan dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi," ungkap Jokowi.

Karenanya, Jokowi mengajak kepada seluruh elemen dan profesi yang ada di Indonesia untuk bersama-sama menyumbangkan sumbangsih mereka bagi kemajuan negara.

Salah satunya dengan peran yang mereka tunjukkan melalui profesi mereka masing-masing.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing," kata Jokowi.

"Sekali lagi, saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara, di mana pun kita berada, apa pun pendidikan kita, apa pun profesi kita, apa pun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara," tutupnya. [kumparan]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close