Jokowi Groundbreaking Kawasan Industri Hijau di Kaltara, Hasil Kerja Sama dengan China

Jokowi Groundbreaking Kawasan Industri Hijau di Kaltara, Hasil Kerja Sama dengan China 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan kawasan hijau di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (21/12/2021).

Kawasan tersebut nantinya menjadi lokasi produksi berbagai bentuk sumber energi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmannirrahim, hari ini saya nyatakan grounbreaking kawasan industri hijau di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara," ujar Jokowi dilansir dari tayangan siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden.

"Yang saya senang kawasan industri ini akan menggunakan teknologi-teknologi mutakhir, hi tech. Karena yang dihasilkan adalah nantinya ada sodium iron,lithium iron, semi conductor, petrochemical yang semua nanti turunannya jadi tekstil, produk lainnya, akan muncul dari sini green alumunium, solar panel, industrial silicon," jelasnya.

Menurut Jokowi keberadaan kawasan industri ini merupakan kerja sama besar antara pemerintah Indonesia, investor Indonesia, investor dari China, dan investor dari Uni Emirat Arab (UEA).

Sehingga dirinya berharap nantinya lokasi itu bisa menjadi yang terbesar di dunia.

"Semuanya akan bergabung dan ini kita harapkan jadi kawasan industri hijau terbesar di dunia. Bukan Kaltara, bukan Indonesia, tapi dunia karena menyangkut lahan sampai saat ini 16.400 hektare dan targetnya 30 ribu hektare," kata Jokowi.

Lebih lanjut kepala negara juga mengungkapkan, bahwa dia telah berkeliling lokasi industri itu pada dua tahun lalu.

Tujuannya untuk mengetahui secara pasti seperti apa kondisi di lapangan Sehingga dia meminta kepada aparat setempat menjaga kondusifitas daerah tersebut.

"Saya minta kepada kapolda, kapolres, pangdam, kodim, gubernur, bupati, kawal secara detail kawasan ini agar kondusif dan aman. Sehingga investasi betul-betul segera melakukan percepatan pembangunan di sini jangan sampai ada persoalan sekecil apapun," tegasnya.

"Saya meminta para menteri, gubernur dan bupati, persiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung kawasan industri ini. Karena ini membutuhkan SDM yang memiliki kualifikasi yang bak, siapkan mulai dari sekarang, dalam masa konstruksi akan muncul kurang lebih 100.000 tenaga kerja yang dibutuhkan pada saat operasi hanya di sini saja," lanjutnya.

Belum lagi jika nanti ada turunan dari produk-produk yang dihasilkan. Jokowi memprediksi 200.000 tenaga kerja akan dibutuhkan di lokasi itu. [kompas]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close