Pengamat Bilang Kritik Giring ke Anies Gak Pengaruh: PSI Tidak Ada Simpatisan di Masyarakat - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengamat Bilang Kritik Giring ke Anies Gak Pengaruh: PSI Tidak Ada Simpatisan di Masyarakat

Pengamat Bilang Kritik Giring ke Anies Gak Pengaruh: PSI Tidak Ada Simpatisan di Masyarakat 

KONTENISLAM.COM - Pengamat Komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jakarta Jamiluddin Ritonga menilai, sindiran dan kritik Giring Ganesha dan Partai Solidaritas Indonesia atau PSI kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang membabi-buta, tidak akan berpengaruh pada elektabilitas Anies.

Sebab, PSI maupun Giring, tidak punya pengikut di masyarakat. Karena itu, apa yang dikatakan mereka tidak akan dianggap mayoritas masyarakat Indonesia.

“Kalaupun ada dukungan terhadap kritik PSI, tampaknya itu datang dari kader dan simpatisannya serta pendukung Ahok. Mereka ini jumlahnya tidak banyak, sehingga dampaknya terhadap Anies tampaknya akan sangat minim,” ujar Jamiluddin Ritonga dikutip dari KBA News Ahad (26/12/2021).

Karena itu, kata Jamiluddin, sikap Anies Baswedan yang diam terhadap semua kritik PSI sudah tepat.

Meladeni orang yang tidak kredibel, justeru akan membuat kredibilitas Anies ikut turun.

“Jadi, kritik PSI yang abnormal itu sebaiknya dianggap angin lalu saja. Biarkan mereka terus mengeritik hingga hilang kendali, sehingga mereka akan menerima efek bumerangnya,” ujarnya.

Lain sisi dia menilai bahwa, pidato Giring Ganesha yang menyindir Anies, bukan lagi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tetapi seolah mencari-cari kesalahan Anies Baswedan.

“Bahkan senyum Anies yang tulus saja bisa-bisa dinilai ngeledek. Pokoknya, Anies harus dinilai tidak benar, meskipun kerjanya mendapat banyak penghargaan dari lembaga kompeten,” kata Jamiluddin Ritonga.

Tentu motivasi kritik PSI terhadap Anies sudah diketahui sebagian besar masyarakat.

Karena itu, upaya PSI untuk menyudutkan Anies tampaknya tidak akan berpengaruh terhadap penurunan elektabilitas Anies.

“Kritik yang terkesan membabi buta dari PSI bahkan berpeluang besar meningkatkan elektabilitas Anies. Anies bisa saja dinilai masyarakat sebagai sosok yang dianiaya, sehingga semakin bersimpati terhadap Gubernur DKI tersebut,” jelasnya.

Adapun Giring Ganesha melontarkan sindiran keras tentang pemimpin pembohong yang dekat dengan kaum intoleran.

Giring mengatakan bahwa sosok itu jika jadi Presiden maka Indonesia akan hancur.

Meskipun tidak gamblang menyebutkan nama, namun sindiran Giring itu diduga mengarah ke Anies Baswedan.

“Kemajuan kita akan terancam jika kelak orang yang menggantikan Pak Jokowi adalah sosok yang punya rekam jejak menggunakan isu Sara dan menghalalkan segala cara untuk menang dalam pilkada,” ungkap Giring di depan Presiden Jokowi dalam cara Hari Ulang Tahun ke 7 PSI.

“Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan juga yang pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus bekerja, tidak berkompromi dengan orang yang menghalalkan segala cara. Termasuk dengan memperalat agama main mata bergandeng tangan dengan kelompok intoleran menggunakan ayat untuk menjatuhkan lawan politik,” kata Giring. [/fin]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close