Puan Nomor 2 di Survei Pimpinan DPR 'Paling Aspiratif', Sosok Ini Jadi Pemuncak Peringkat

Selamat! Puan Nomor 2 di Survei Pimpinan DPR 'Paling Aspiratif', Sosok Ini Jadi Pemuncak Peringkat 

KONTENISLAM.COM - Hasil polling terhadap kinerja pimpinan DPR RI selama tahun 2021 telah dirilis oleh Jaringan Informasi Rakyat.

Polling tersebut dibuat dengan piranti survei dari google docs pada tanggal 7 sampai 14 Desember 2021, kemudian disebarluaskan ke berbagai jejaring media sosial.

Nama Muhaimin Iskandar keluar sebagai pemuncak peringkat. Wakil Ketua DPR RI itu memperoleh angka 52 persen.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani duduk di peringkat kedua dengan perolehan 28,5 persen.

Di peringkat ketiga ada Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (9,3 persen) kemudian Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel (7,9 persen) dan Lodewijk Freidrich Paulus (2,3 persen).

Direktur Jaringan Informasi Rakyat, Prasetyo menjelaskan bahwa pimpinan DPR dapat disebut sebagai icon dari parlemen Indonesia.

Sehingga survei ini diharapkan mampu memperlihatkan respons masyarakat terkait keberadaan para pimpinan DPR.

"Pimpinan DPR dapat disebut sebagai icon-nya parlemen Indonesia. Selain juga merupakan respresentasi partai politik dalam pelaksanaan tugas-tugas legislasi, budgeting, dan pengawasan. Survei kami ingin melihat sejauhmana peran Pimpinan DPR dalam merumuskan, menyusun, mengawal, serta mengawasi berbagai produk kebijakan pemerintah dewasa ini," kata Direktur Jaringan Informasi Rakyat Prasetyo di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Lebih lanjut, berdasarkan hasil survei tersebut Jaringan Informasi Rakyat melakukan pendalaman dengan melakukan kajian melalui penelusuran atau pemantauan media (media monitoring).

Hasilnya, terkonfirmasi bahwa Wakil Ketua DPR Bidang Kokesra A. Muhaimin Iskandar terlihat cukup aktif dan menonjol di bandingkan Pimpinan DPR yang lain.

"Khususnya dalam merespon, mengomentari, menyoroti atau mengkritik fenomena dan isu-isu terkaktual. Di sisi lain, keempat pimpinan DPR terlihat kurang aktif dalam merespon isu, bahkan di media sosialnya sendiri," ungkap Prasetyo.

Ia lantas memberikan contoh, Muhaimin Iskandar cukup aktif mengomentari isu-isu terkini yang merupakan bagian dari fungsi pengawasan DPR.

Mulai dari kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, kebocoran data eHAC, utang BUMN, serta kebijakan dana BOS.

"Dari hasil penelusuran, Pak Muhaimin juga aktif menyoroti isu pertanian khususnya mengenai pupuk subsidi, tentang kebijakan pemerintah terhadap UMKM dan para pekerja seni di daerah, serta perhatian pemerintah terhadap para penyandang disabilitas. Terbaru soal kasus pemerkosaan terhadap santri juga menjadi sorotan dari Muhaimin Iskandar," tambah Pras. [suara]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close