Soroti Kereta Cepat Jakarta-Bandung Banyak Masalah, DPR: Pemerintah Malah Bergeming!

Soroti Kereta Cepat Jakarta-Bandung Banyak Masalah, DPR: Pemerintah Malah Bergeming! 

KONTENISLAM.COM - Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat mengkritik pembongkaran enam pilar tiang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di wilayah DK46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang.

Hal ini, menunjukkan pengawasan yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tidak profesional.

“Walaupun pembongkaran enam pilar tiang merupakan hasil audit KCIC atas kelalaian kontraktor dalam pengerjaan kontruksi. Namun tetap saja pengawasan ketat sejak mulai proses pengerjaan kontruksi tiang sangat penting dilakukan,” sebut Toriq dikutip Rabu, 15 Desember 2021.

Toriq menilai cara kerja seperti ini membuktikan bahwa kritik publik yang disampaikan pada pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung adalah benar adanya.

Infrastruktur yang belakangan membutuhkan dana Rp114 triliun lebih itu tanpa kajian matang.

“Kami sudah menyampaikan kepada pemerintah melalui sidang paripurna agar proyek KCJB dihentikan sementara hingga selesai audit. Dan harus ada yang bertanggungjawab penuh atas berbagai kendala yang menyebabkan nilai proyek ini terus membengkak,” ucapnya.

Toriq juga mengatakan bahwa sejak proyek KCJB dimulai pada 2016 lalu, bermacam kendala terus bermunculan.

Dari permasalahan pembebasan lahan, membengkaknya anggaran, kasus pencurian besi, dan terkahir beralih ke perobohan tiang pancang yang tidak memperhatikan standar keselamatan kerja.

“Namun permasalahan yang kerap kali menerpa Proyek KCJB tidak membuat pemerintah bergeming. Oleh karenanya saya sangat berharap kepada PT. Kereta Api Indonesia yang ditunjuk oleh pemerintah beberapa waktu lalu untuk mengelola proyek ini agar segera memperbaiki kinerja PT. KCIC,” tandasnya.  [FIN]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close