Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas Tapi Sopir Transjakarta Tak Jadi Tersangka, Ini Alasan Polda Metro - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas Tapi Sopir Transjakarta Tak Jadi Tersangka, Ini Alasan Polda Metro

Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas Tapi Sopir Transjakarta Tak Jadi Tersangka, Ini Alasan Polda Metro 

KONTENISLAM.COM - Polda Metro Jaya telah rampung melakukan gelar perkara kecelakaan bus Transjakarta yang menabrak penyeberang hingga tewas di Jalan Taman Marga Satwa Raya, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021) lalu.

Hasil gelar perkara, sang sopir inisial YN tak ditetapkan menjadi tersangka.

“Sang sopir YK ini tak ditetapkan tersangka karena tak memenuhi unsur Pasal 310 Ayat 4,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono di Polda Metro, Rabu (15/12/2021).

Menurut Argo, ada beberapa alasan kenapa kasus penabrakan yang dilakukan sopir transjakarta itu tak dinaikkan menjadi tersangka.

Alasannya, karena jarak korban atau si penyebrang dengan transjakarta sangat dekat, yakni antara 4 meter.

“Kecepatan 30 KM per jam itu pengemudi tidak bisa melakukan pengereman. Jadi minimal jarak pengereman itu 14 meter,” ujarnya.

Kemudian, kata Argo, saat menyebrang sang korban tak menyebrang di tempat yang disediakan. Padahal, 50 meter dari lokasi kecelakaan ada jembatan penyebrangan.

“Korban ini tak menyebrang di tempat penyebrangan,” ujarya.

Selain itu, kata dia, dengan korban menyebrang dengan jarak yang dekat. Sehingga sang sopir tidak bisa membelokkan busnya ke kiri dan kekanan.

“Jika sopir bus Transjakarta ke kiri makan akan menabrak separator yang fatalitasnya akan lebih tinggi. Sementara jika ke kanan akan menabrak pembatas jalan,” ujarnya.

Sebelumnya, kecelakaan bus Transjakarta di Ragunan itu terjadi pada Senin malam, 6 Desember 2021 sekitar pukul 21.50 WIB.

Saat kejadian bus yang dikendarai pramudi berinisial YK sedang dalam perjalanan pulang ke pool di Klender, Jakarta Timur.

Di TKP, seorang pejalan kaki bernama RH secara tiba-tiba menyeberang dan melintas di depan bus yang sedang melaju kencang.

Peristiwa tabrakan akhirnya tidak terhindarkan dan korban sempat terpental beberapa meter dari lokasi.

Korban kecelakaan tertabrak bus Transjakarta itu sempat dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, namun nyawanya tidak terselamatkan. [pojoksatu]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close