Yesus: Seorang Hamba Allah - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Yesus: Seorang Hamba Allah

 

Jesus: A Servant of Allah
(Yesus: Seorang Hamba Allah)


Oleh: Imam Shabir Ally*

Akan segera terlihat jelas bahwa mereka sering menyebut dia (Yesus) sebagai hamba Tuhan, tetapi tidak pernah Anak Tuhan. Petrus, misalnya, berkata:

“Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita, telah memuliakan hamba-Nya Yesus” (Kisah Para Rasul 3:13).

Petrus lebih lanjut berkata: “Allah membangkitkan hamba-Nya” (Kisah Para Rasul 3:26), di mana gelar hamba mengacu pada Yesus.

Bukan hanya Petrus, tetapi seluruh kelompok orang percaya memandang Yesus sebagai hamba Tuhan. Ketika mereka mengangkat suara mereka bersama-sama dalam doa kepada Tuhan, dalam perjalanan mereka berbicara kepada Tuhan, mereka menyebut Yesus "hambamu yang kudus, Yesus yang telah Engkau urapi" (Kisah Para Rasul 4:27). Mereka mengulangi gelar ini juga dalam ayat 30. Secara konsisten, Yesus disebut hamba Allah oleh para pengikut Yesus yang asli.

Beberapa orang secara keliru mengira bahwa para murid menyebut Yesus Anak Allah.

Inkonsistensi terjemahan sebenarnya membantu memberikan kesan yang salah ini. Dalam King James Bible, para penerjemah menyebut Yesus “Anak Allah” dalam Kisah Para Rasul 3:13, 26, dan “anak Allah” dalam Kisah Para Rasul 4:27. Mereka hanya menerjemahkan kata Yunani paida sebagai "putra" atau "anak" (“son” or “child”). Tetapi kata paida juga berarti “hamba” (“servant”), dan konteks saat ini menuntut terjemahan ini karena penulis Kisah Para Rasul mencoba dalam perikop ini untuk membuktikan bahwa Yesus memang adalah hamba Allah.

Para penerjemah tahu bahwa kata Yunani paida berarti pelayan. Ketika kata yang sama digunakan untuk Daud dalam pasal 4, ayat 25, mereka menerjemahkannya “hamba”. Mengapa tidak memanggil Yesus juga dengan gelar yang sama? Atau, jika mereka merasa bahwa “anak” adalah terjemahan yang benar, mengapa tidak menyebut Daud juga “Anak Allah”? Yesus dan Daud keduanya disebut dengan gelar yang sama dalam bahasa Yunani. Mengapa tidak memanggil mereka dengan judul yang sama dalam bahasa Inggris juga?

Penerjemah lain mengenali ketidakkonsistenan ini dan mengoreksinya dalam terjemahan modern dari Alkitab. Oleh karena itu Alkitab Versi Internasional Baru dan banyak lainnya menyebut Yesus Hamba Allah dalam ayat-ayat yang sudah dikutip di atas.

Namun demikian, fakta bahwa Yesus adalah hamba Allah begitu terkenal sehingga bahkan King James Bible memanggilnya dengan gelar ini dalam Matius 12:18. Merujuk kembali ke Yesaya 42:1, Matius mengidentifikasi Yesus sebagai hamba dari satu-satunya Allah Yahweh yang benar.

Pada bagian selanjutnya, kita akan melihat bagaimana keinginan sebagian orang untuk menyebut Yesus “Anak Allah” membuat mereka menemukan penjelasan yang secara tidak langsung menghina Allah.

*Sumber: fp Converts to Islam

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close