Analisis Direktur P3S: Ada Kelompok Oligarki Mengendalikan Istana - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Analisis Direktur P3S: Ada Kelompok Oligarki Mengendalikan Istana

Analisis Direktur P3S: Ada Kelompok Oligarki Mengendalikan Istana 

KONTENISLAM.COM - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie blak-blakan memberikan apresiasi kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang telah menolak isu dan wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Dengan begitu, menurut Jerry Massie, oligarki tidak akan bisa bergerak leluasa untuk menggolkan rencana agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa berkuasa selama 3 periode berturut-turut.

Jerry Massie juga menilai langkah tersebut sangat cerdas dan bijaksana.

Pasalnya, menurut Jerry Massie, hanya Megawati Soekarnoputri seorang diri yang bisa mematahkan rantai isu Jokowi 3 periode.

"Langkah Megawati sudah tepat untuk menghalau oligarki. PDIP harus tetap konsisten agar tidak mengubah keputusan dalam kasus ini," jelas Jerry Massie kepada GenPI.co, Jumat (14/1).

Tidak hanya itu, dia juga mengingatkan agar PDIP tidak bermain politik bunglon.

Sebab, hal tersebut bisa memunculkan rasa ingin mengubah pilihan yang telah diambil Megawati Soekarnoputri.

"Awalnya menghindari politik Bunglon, hari ini menolak, besok bisa saja berubah. Jangan begitu, harus konsisten," ungkapnya.

Jerry Massie juga menduga bahwa ada kelompok-kelompok yang ingin mengendalikan tanah air lewat jalur dalam, yakni bersembunyi di dalam istana.

"Memang ada kelompok oligarki sifatnya mengatur dan mengendalikan istana. Ada banyak bukti itu di lapangan," jelas Jerry Massie.

Oleh sebab itu, Jerry Massie meminta PDIP untuk selalu berhati-hati agar tidak terjebak dan termakan oleh permainan orang-orang yang hendak mengendalikan Indonesia.

"Ini memang permainan kartel politik. Mereka pikir Jokowi bisa diatur. Sayangnya kali ini rezim telah berubah seperti Soekarno dan Soeharto yang tak bisa dikendalikan oleh oligarki," pungkasnya. [genpi]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close